,
01 November 2017 | dibaca: 415 pembaca
Wujudkan Ketahanan Pangan, Dirut PJ: Fokus Bina Pedagang Dan Jaga Stabilitas Harga

Foto Bersama: Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nazruddin (berkacamata) dengan Penyiar Trijaya FM Radio (foto Ist)

Jakarta, skornews.com

 

Direktur Utama PD Pasar jaya (PJ), Arief Nasrudin menghadiri talk show di Radio Trijaya FM (31/10, pukul 20:00 Wib) dengan tema “Ketahanan Pangan” yang dipandu penyiar Sidharta dan Dennis Irawan.

 

Ketahanan pangan itu artinya ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu takut akan kelangkaan barang.

 

“Ukurannya bisa dilihat dari daya beli masyarakat yang relatif aman,” kata Arief menjawab pertanyaan penyiar Trijaya.

 

Dilanjutkan Arief, salah satu komponen sistem dalam ketahanan pangan misalnya PD Pasar Jaya yang berupaya melakukan versifikasi usaha seperti Jak Grosir sebagai pusat perkulakan dan Mini DC dan Jak Mart sebagai tempat penjualan.

 

Berikut kutipan Dialog Interaktif Arief Nasrudin dengan Penyiar dan Pendengar Trijaya FM:

 

Pihak mana saja yang terlibat dalam terciptanya Ketahanan Pangan di suatu daerah?

 

Menurut saya, itu tanggungjawab pemerintah dengan BUMD. Misalnya di DKI, PD Pasar Jaya bersinergi dengan PT Tjipinang Food Station dan PD Dharma Jaya selain itu juga bersinergi dengan pemerintah pusat, baik itu Bulog maupun Bank Indonesia.

 

Apa dampak dari menurunnya ketahanan pangan?

 

Tidak terjaganya harga sehingga kebutuhan meningkat dan daya beli masyarakat rendah. Nah di Jakarta, strategi yang dilakukan dengan mencoba merubah pola konvensional seperti operasi pasar yang dilakukan jika harga melambung tinggi. Sebaiknya kita terus menjaga dan bisa mengontrol harga pangan agar tidak terlalu tinggi sehingga daya beli masyarakat terus baik dan normal.

 

Hadirnya Jakgrosir, Mini DC dan Jackmart  akan menjadi tempat penyaluran berbagai program pemerintah seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP).

 

Apa saja tantangan mewujudkan ketahanan pangan di DKI, khususnya PD Pasar Jaya?

 

PD Pasar Jaya sedang fokus kepada 3 hal, mengelola pasar, membina pedagang dan menjaga stabilitas pangan. Salah satu keberhasilan yang dicapai yakni penghargaan TPID terbaik tingkat Provinsi Tahun 2017 dalam menjaga inflasi pangan.

 

Sedangkan tantangan terbesar saat ini berubahnya pola jual beli masyarakat dari cara konvensional ke e- commerce, masyarakat lebih cenderung belanja online

 

Bisa dijelaskan soal Jakgrosir dan Mini DC?  

 

Jakgrosir, Mini DC dan Jakmart diperuntukkan bagi pedagang pasar dan masyarakat, kita berusaha menghadirkan produk pangan yang harganya lebih murah. Selain itu,  saat ini sedang dalam tahap pembuatan aplikasi pembelian online

 

Ini merupakan salah satu upaya agar mempermudah pedagang pasar mendapatkan barang, cukup memesan kebutuhan secara online dan akan diantarkan hingga ke tempat mereka berjualan.

 

Kita berharap ada kesadaran konsumen untuk belanja di area pasar dan bukan di pedagang Kaki Lima (PKL), pasar saat ini lebih nyaman, juga lebih aman karena secara berkala dilakukan test produk pangan dan tera ulang timbangan pasar. Kalau untuk pemerintah agar terus ada sinergi pangan yang baik sehingga kita bisa terus menghadirkan produk pangan yang baik dan menjaga stabilitas pangan. ||red (Ist)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com