,
05 Maret 2015 | dibaca: 935 pembaca
Waspadai Lubang Maut di Poros Maros-Makassar

Jalan Trans Sulawesi

­Skornews.com, Maros-Sulsel

Pembangunan jalur Trans Sulawesi Maros-Makassar yang menjadi kebanggaan masyarakat belum tuntas, namun ternyata sekarang jalur utama itu sudah dipenuhi lubang yang mengancam nyawa pengendara kendaraan yang melintas dijalur utama tersebut.

 

Berdasarkan pantauan Skor di sepanjang jalan dari gerbang perbatasan Maros-Makassar sampai perbatasan Pangkep terdapat sangat banyak lubang maut yang menganga di tengah jalan, serta beberapa  retakan di badan jalan yang sudah dibeton, tepatnya di Kecamatan Tompo Bulu. Retakan tersebut semakin hari kian membesar. Selain itu, pada badan jalan di beberapa titik juga bergelombang dan membahayakan pengendara. Kedalaman lubang yang ditemukan bervariasi, ada yang mencapai 30 cm dengan lebar kurang lebih 50 cm.


Bahkan ada beberapa titik di jalan tersebut yang menyerupai kubangan, seperti di depan Pasar Bulu-Bulu, Lingkungan Maccopa, dan depan SPBU Butta Toa Kecamatan Turikale, Kecamatan Maros Baru. Dan kerusakan yang kerap menimbulkan kemacetan juga terdapat di Jembatan Kota Maros.

 

Kondisi paling parah juga nampak sebelum dan setelah Jembatan Pute di Kecamatan Bontoa dari arah Maros menuju Pangkep, serta beberapa titik lainnya.

 

Ketua Anti Korupsion Watch, (ACW) Maros, Rauf Mappatuntu'  saat ditemui Skor beberapa pekan lalu mengungkapkan kondisi jalur Trans Sulawesi, khususnya di wilayah Maros sudah banyak yang rusak dan sudah sering menelan korban pengendara yang mengalami kecelakaan.

 

Namun, kata dia, jalan ini merupakan jalan negara, hingga menjadi tanggung jawab Balai Besar Jalan dan Jembatan untuk membenahi. Meski demikian Rauf mengharapkan agar pihak pemerintah daerah tidak tutup mata atas kondisi jalan itu karena sudah sangat meprihatinkan dan membahayakan.

 

“Ini harus segera ditangani, karena akan keliru kalau nanti ada korban baru dibenahi. Pihak pemerintah daerah tidak bisa membiarkan kondisi begitu saja, karena persoalan ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat. jangan menunggu lebih banyak korban lagi,” tambahnya.

 

Lebih lanjut Rauf menegaskan, jika pemerintah daerah tidak memperbaiki jalan tersebut, maka patut dicurigai dan perlu dipertanyakan, anggaran untuk pemeliharaan jalan tersebut dikemanakan. Fauzy/S10


Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com