,
29 Oktober 2015 | dibaca: 994 pembaca
Warga Hentikan Pekerja Tiang Sutet PLTU

Kepala Dusun (Kadus) Pattalassang, H. Saibu dan warga

MAROS, Skornews.com

Pembangunan PLTU yang rencananya akan dibangun di Desa Ampekale Kec. Bontoa Kab. Maros yang baru kemarin dilakukan sosialisasi Amdalnya terus menuai penolakan dari warga.

 

Rabu 28/10/15 Tim Pln Unit 13 yang di koordinir Rahmat  telah melakukan pengeboran pengambilan sample tanah di dusun Pattalassang desa Tunilamaseang Kecamatan Bontoa.

 

Menurut Rahmat pengeboran yang dilakukan itu merupakan tahapan dari pembangunan tiang sutet. Pengeboran diakui sudah sesuai prosedur dari kantor.

 

“Kami sudah melayangkan surat ke kabupaten dan kecamatan akan tetapi pak camat lagi sibuk jadi tidak sempat ketemu dengan dia sehingga kami langsung ke lokasi saja” Ujarnya saat ditemui di lokasi pengeboran.

 

Dia juga menambahkan pengeboran tanah itu untuk data kelayakan lokasi layak atau tidaknya dibangun sutet diwilayah itu.

 

Namun pengeboran itu ditolak oleh warga karena merasa belum ada pemberitahuan sebelumnya.

 

Tindakan Pln yang dituding tidak beretika karena melakukan pengeboran tanpa melakukan koordinasi dengan warga memantik penolakan warga dan mendesak agar menghentikan pengeboran itu.

 

Kepala Dusun (Kadus) Pattalassang, H. Saibu mengatakan kami bersama warga menolak pembangunan menara sutet di wilayah kami, serta Pembangunan PLTU di Kecamatan Bontoa.

 

Tindakan Pln ini menuai tanggapan dari LSM LEMPAR SALEWANGAN, Saiful Islam selaku Direktur Eksekutif mengatakan seharusnya Pln tidak melakukan kegiatan pengeboran sebelum mengantongi izin dari pemerintah Dan melakukan sosialisasi ke masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat atas kegiatan tersebut.

 

Kami menghimbau kepada pln untuk menghentikan aktivitas apapun terkait pembangunan sutet sebelum mendapat izin dari masyarakat setempat. Dan  jangan menyalahkan masyarakat jika mereka melakukan penghentian secara paksa”tegas Saiful

 

Ia juga menghimbau kepada pemerintah kecamatan dan kabupaten agar tidak menerbitkan  izin demi menghindari konflik di masyarakat.

 

Apabila himbauan ini tidak diindahkan maka kami dan warga kecamatan bontoa akan menduduki gedung DPRD Maros Sebagai bentuk penolakan dari pembangunan PLTU di Bontoa” pungkasnya. AA.048 & Rauf

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com