,
15 Maret 2016 | dibaca: 1097 pembaca
Tokoh Muda Batak Dukung Pengembangan Wisata Danau Toba

Tokoh Muda Batak, Dr. Has Toruan dan Rizma Simbolon dukung pengembangan wisata Danau Toba

SUMUT, skornews.com

 

Masuknya Danau Toba sebagai salah 1 dari 10 prioritas pembangunan pariwisata Indonesia sungguh memberi harapan bagi warga Sumatera Utara (Sumut) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan hidup khususnya masyarakat sekitar Danau Toba.

 

Skornews.com dalam suatu kesempatan berhasil mewawancarai sejumlah tokoh mudaBatak. Rizma Simbolon yang selama ini dikenal sebagai penyanyi dan juga aktivis Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANNAS) menyampaikan niatnya berkontribusi untuk mengangkat budaya Batak.

 

Meski bukan kelahiran Sumatera Utara, namun Rizma mengaku sangat cinta dengan budaya Batak. Ia berharap orang-orang muda berdarah Batak sudah saatnya memberikan kontribusi pemikiran atau apapun bentuknya untuk mendukung pembangunan Danau Toba menjadi salah satu pusat pariwisata di Indonesia.

 

“Dukungan itu tidak terbatas bentuknya. Bisa berkreasi lewat lagu, pemikiran ataupun kreatifitas lainnya yang membuat Danau Toba dikenal dan disenangi sebagai tempat tujuan wisata,” terang Rizma.

 

Ketika ditanyakan dengan apa Rizma akan berkontribusi,

 

“Karena saya penyanyi maka saya akan mendukung Danau Toba dari sisi pelestarian serta memperkaya lagu-lagu Batak,” tegasnya.

 

Sementara itu, Dr. Has Toruan dari Institute Perencanaan Negara (IPN) sangat memuji langkah Presiden Jokowi yang menetapkan suatu Badan Otorita untuk mengelola DanauToba.

 

Has Toruan menyampaikan bahwa nantinya Otorita Danau Toba dapat berkoordinasi dengan Otorita Asahan yang sudah terlebih dahulu ada dihilir Danau Toba. Selain itu, Otorita Danau Toba juga dapat belajar dari Otorita Batam dalam pengelolaan kawasan otorita.

 

Pengembangan Danau Toba juga harus dikaitkan dengan pembangunan Pelabuhan Tanjung Tiram di Kabupaten Batubara yang akan menjadi pelabuhan terbesar di Asia Tenggara.

 

Pelabuhan Tanjung Tiram akan berhadapan langsung (head to head) dengan Port Kelang Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sehingga akan menjadi pintu masuk wisman yg sangat besar.

 

Has Toruan menyampaikan, “Perlu dicatat bahwa pembangunan Danau Toba jangan hanya menekankan pada dimensi fisik saja tetapi harus memperhatikan sosial budaya orang Batak yang sangat unik. Jangan sampai nantinya budaya Batak malah tergerus oleh budaya-budaya luar yang masuk,” tegasnya. #Awi

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com