,
22 Agustus 2014 | dibaca: 901 pembaca
TNI Canangkan Zona Bebas Korupsi

Skornews.com, Jakarta

Panglima TNI Jenderal Moeldoko  menandatangani piagam antikorupsi di tubuh TNI dengan disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad, dan Ketua Ombudsman RI Danang Garindrawardana.

 

Sebagai salah satu bukti kuatnya komitmen tersebut, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan, dirihya melarang bila istri, anak dan saudaranya 'bermain-main' di logistik.

"Saya katakan kepada Letnan Kolonel ke bawah, tidak ada keluarga panglima yang bermain-main logistik. Kalau ada, agar segera ditangkap dan serahkan kepada saya," kata Panglima TNI usai penandatanganan deklarasi dan pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah bebas dari Korupsi di lingkungan TNI, di Aula Gatot Subroto, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (11/8).

 

Pada acara itu, Moeldoko didampingi oleh KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAL Laksamana TNI Marsetio, KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Perwira Tinggi (Pati) Mabes TNI dan Angkatan. Selain itu, hadir pula Menteri Pertahanan Purnomo.

 

Moeldoko mengatakan, bidang logistik merupakan zona khusus yang patut diawasi. Panglima TNI mengaku dirinya tak ingin agar prajurit tidak tersandera dengan bayang-bayang seperti itu.

 

Lebih jauh Panglima TNI menegaskan, meski Komisi Pemberantasan Korupsi tak bisa melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi di TNI, dirinya tetap tak bisa tenang.

 

Kepada wartawan Moeldoko menjelaskan, “keistimewaan” tersebut malah menjadi acuan TNI untuk tetap menjaga integritas dan komitmen antikorupsi. “Kalau sampai KPK masuk (menyidik kasus korupsi), maka TNI tak terhormat lagi,” tegasnya.

 

Karena jika KPK masuk ke TNI, ungkap Moeldoko  sama saja menandakan sedang terjadi kasus korupsi besar di TNI. Menurut hukum, KPK tak bisa menyelidiki TNI. KPK hanya bisa bekerja di ranah sipil. Sedangkan TNI merupakan ranah militer, punya peradilan dan pengadilan sendiri. “Karena itu, kita harus jaga kehormatan TNI. Jangan sampai terjadi korupsi dalam tubuh TNI,” tandasnya.

 

Hubungan antara TNI dan KPK terjalin dengan baik. Moeldoko mengaku sering meminta masukan dari KPK tentang tata cara dan pengelolaan anggaran yang baik dan bersih. “Jadi, kalau KPK masuk ke TNI, biar agendanya minum kopi dan mengobrol saja,” kata Moeldoko sambil tertawa. AY.18/Skor-10

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com