,
04 Oktober 2017 | dibaca: 241 pembaca
Terkait ODMK, Ombudsman Panggil Dinas Sosial

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Provinsi Sulbar, Rosmiani (tengah)

Sulbar, skornews.com

 

Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa atau Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODGJ/ODMK) yang sering muncul di ruang-ruang publik di wilayah Prov. Sulawesi Barat yang terkesan tidak mendapat perhatian dari pihak terkait.

 

Jajaran Ombudsman Sulbar mengundang pihak Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka koordinasi sekaligus klarifikasi penangnan ODMK selama ini. 

  

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar menjelaskan Pasal 28 H ayat (1) UUD 1945 Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan setiap orang berhak mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

 

Pasal tersebut menjadi salah satu dasar bagi Ombudsman RI Sulbar meminta keseriusan sejumlah pihak terkait untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap sejumlah ODMK yang terkesan tidak mendapat perhatian pemerintah daerah, baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi.  

 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Provinsi Sulbar, Rosmiani mengatakan sejauh ini pihaknya hanya sebatas memfasilitasi ODMK untuk diarahkan ke pihak medis sehingga secara langsung Dinsos berperan pasca penyembuhan pasien untuk mengembalikan fungsi sosialnya di tengah masyarakat.

 

Menurut Rosmini, peran serta orang tua pasien, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Biro Pemerintahan, Bappeda dan BPJS harus berkolaborasi dalam penyelesaian persoalan penanganan ODMK. Kendala lain adalah tidak tersedinya sarana Rumah Sakit Jiwa.

 

“Kami menyarankan Dinsos sulbar memfasilitasi koordinasi dengan semua stakeholder membahas penanganan ODMK secara maksimal dan diharapkan (jika rumah sakit jiwa belum tersedia) setidaknya pihak Dinsos memprogramkan pembangunan Panti Rehabilitasi ODMK sebagai langkah awal,” tutur Lukman Umar dikantornya (03/10/17) ||red (sumber:ORI Sulbar)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com