,
10 Juni 2014 | dibaca: 1173 pembaca
Tanpa RAB Proyek BL BUMN Peduli diduga DIMANIPULASI

Skornews.com, Jakarta

Realisasi pekerjaan pengadaan dan pembangunan rumah susun sederhana program Bina Lingkungan BUMN Peduli tahun 2012 dengan anggaran Rp. 151 miliar yang dikerjakan PT. Hutama Karya terindikasi manipulatif dan kuat dugaan terjadinya konspirasi berjamaah diantara pihak-pihak terkait (PT Hutama Karya – Perum Perumnas) yang merugikan keuangan Negara, sebagaimana dilansir Skor edisi sebelumnya.

 Dugaan itu berdasarkan data dan informasi yang diterima Skor bahwa PT Hutama Karya sebagai kontraktor tidak menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga tidak dapat diketahui rincian perhitungan atas pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan.

Selain itu adanya dana proyek yang didepositokan secara sepihak oleh Perum Perumnas  sebesar Rp 125 Miliar atas perintah Direktur Utama tanpa sepengetahuan Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN yang ditengarai tidak sesuai dengan peratuan yang berlaku.

Melalui surat jawaban konfirmasi PT Hutama Karya nomor SP/Rj.73/DIV/20-2014 yang diterima Skor disebutkan Kementerian BUMN telah menetapkan PT. Hutama Karya sebagai Koordinator BUMN Bina Lingkungan Peduli Sektor Sarana dan Prasarana Umum dan Layak Huni. Kemudian sebagai Koordinator program, PT. Hutama Karya ditugaskan juga untuk mengumpulkan dana dari BUMN donatur.

Lebih lanjut PT Hutama Karya dalam suratnya yang ditandangani Sekretaris Perusahaan, T. Ari Widiyantoro menyebutkan dana yang terkumpul diserahkan sepenuhnya kepada Perum Perumnas selaku penyedia lahan dan operator pembangunan rumah susun. Disebutkan juga Perum Perumnas melakukan tender Proyek  di kemayoran sesuai dengan desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) melaui proses lelang.

Untuk diketahui Menteri Negara BUMN tahun 2012 menggelontorkan anggaran untuk Program pengentasan kemiskinan melalui penyediaan rumah susun sederhana bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah dan menetapkan PT. Hutama Karya sebagai koordinator sektor.

PT Hutama Karya sebagai koordinator sektor telah melakukan sinergi BUMN yang mempunyai kompetensi dibidangnya yaitu Perum Perumnas melalui Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Hutama Karya dengan Perum Perumnas pada tanggal 26 November 2012.

Berdasarkan MoU itu, maka Perum perumnas membuat Perjanjian Kerjasama Konstruksi dengan PT Hutama Karyapada tanggal 18-12-2012, Tentang Kerjasama Pembangunan Rumah Susun Sederhana dalam Rangka Program Kemitraan dan Bina Lingkungan tersebut.

PT. Hutama Karya selain bertindak sebagai Koordinator BUMN Bina Lingkungan Peduli Sektor Sarana dan Prasarana Umum dan Layak Huni, juga menjadi kontraktor pelaksana yang mengerjakan proyek.

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com