,
28 September 2015 | dibaca: 780 pembaca
Takaliuang: Sulut Darurat Kekerasan Seksual Terhadap Anak
Data di Polda Sulut, Kekerasan Seksual Terhadap Anak Mendominasi.

Ketua Komda PA Sulawesi Utara, Jull Takaliuang bersama Aryanti Baramuli Putri.

SKORnews.com, Bitung

KETUA Komisi Daerah Perlindungan Anak (Komda PA) Sulawesi Utara, Jull Takaliuang bertandang ke Kota Bitung, Minggu (27/09/2015)  dalam rangka shooting film dokumenter di salah satu Kelurahan terkait dengan sepak terjangnya dalam hal melindungi anak-anak di Sulawesi Utara dari tindak kekerasan.

 

Perempuan penerima penghargaan  N-Peace Award PBB UNDP 2015 ini, sangat konsen memperjuangkan anak-anak Sulawesi Utara dari tindakan kekerasan, baik kekerasan secara fisik maupun kekerasan seksual yang sering dilakukan terhadap anak.

 

Terkait dengan maraknya tindakan kekerasan seksual terhadap anak-anak, Ketua Komda Perlindungan Anak Sulut ini menyampaikan, Provinsi Sulawesi Utara saat ini darurat kekerasan seksual terhadap anak-anak.

 

"Sulawesi Utara darurat kekerasan seksual terhadap anak, indikatornya adalah data di Polda Sulut, dimana kekerasan seksual terhadap anak mendominasi laporan yang ada," jelas Takaliuang.

 

"Belum lagi tindakan kekerasan yang menimpa salah seorang pelajar sekolah dasar di Kota Bitung beberapa saat lalu hingga merenggut nyawanya itu, merupakan salah satu contoh betapa kekerasan terhadap anak, khususnya kekerasan secara seksual menjadi sorotan kami saat ini," kata Takaliuang lagi.

 

Pada kunjungannya tersebut,Takaliuang juga menyempatkan bertemu dan bersilaturahim bersama Aryanti Baramuli Putri yang merupakan salah seorang penasehat di Komisi Daerah Perlindungan Anak Sulawesi Utara, di salah satu cafe di bilangan Girian.

 

Menurut Takaliuang, dirinya menyempatkan bertemu dengan Aryanti Baramuli Putri, karena selain merupakan salah seorang penasehat di Komda PA, Aryanti Baramuli juga merupakan salah seorang pejuang perlindungan terhadap anak secara khusus dan pejuang kemanusian yang selalu konsisten terhadap perjuangan menegakkan hak-hak asasi masyarakat yang termarjinalkan.

 

Saya, ungkapnya, sengaja menyempatkan bertemu dengan ibu Aryanthi, karena beliau adalah salah seorang penasehat di Komda PA Sulut dan juga merupakan salah seorang pejuang hak-hak anak Sulawesi Utara, serta konsisten terhadap perjuangan melindungi anak-anak yang mengalami tindakan kekerasan maupun diskriminasi.

 

“Kami pernah bekerja bersama menangani kasus yang menimpa anak-anak di Buyat, Minahasa Tenggara yang terkena dampak dari merkuri yang mencemari laut Buyat saat itu," jelasnya.

 

Di akhir perbincangan dengan wartawan Skornews.com,Takaliuang menitip pesan, Kota Bitung butuh sosok seperti Aryanti Baramuli yang terus menerus konsisten dengan apa yang telah dilakukannya selama beberapa periode bertugas sebagai salah satu senator asal pemilihan Sulawesi Utara. @ Arham Licin/S10

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com