,
28 Agustus 2019 | dibaca: 473 pembaca
Suwono Sebut Intervensi Positif, Aktivis: Pejabat Ngawur

Plt. Kepala Bidang Sarana DISDIKBUD Kab. Polman, Suwono Andi Raden (foto Profil)

Polman-Sulbar, skornews

 

Oknum Pejabat Disdikbud Kab. Polman diduga intervensi (mengarahkan) pelaksana paket pekerjaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan di sejumlah Sekolah Dasar (SD).

 

Mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan (juklak) DAK pendidikan, yang berhak menentukan pelaksana pekerjaan adalah Panitia Pembangunan Sekolah (P2S) yang dibentuk oleh Kepala Sekolah bersama Komite Sekolah. Ketua panitia pembangunan berasal dari unsur masyarakat sekitar atau orangtua siswa yang memiliki pengetahuan, pengalaman atau berlatarbelakang pendidikan teknik bangunan.

 

Plt. Kabid Sarana, Suwono Andi Raden saat dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut. Menurtnya, intervensi dan melanggar juklak adalah dua hal yang berbeda. 

 

"Intervensi bisa datang dari mana saja baik bersifat positif maupun negatif namun sudah menjadi kewajiban kami (Disdikbud) dan sekolah sebagai pelaksana di tingkat satuan pendidikan untuk senantiasa mengikuti petunjuk juklak," kata Suwono kepada skornews (28/8).

 

Aktivis LSM, Aldin Nasir saat dimintai tanggapannya mengungkapkan bahwa "intervensi" pasti bermakna negatif, yaitu tindakan campur tangan yang tentunya merugikan karena melakukan perbuatan merampas hak.

 

"Kalau dikatakan senantiasa mengikuti Juklak berarti tidak boleh diintervensi, pernyataan Plt. Kabid itu tidak konsisten. Itu pejabat ngawur, mungkin karena kurang membaca" kata Aldin (28/8).

 

Obudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat saat dihubungi skornews memberikan atensi dan akan menindaklanjuti informasi terkait permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan DAK bidang pendidikan tersebut. 

 

Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat pada Tahun Anggaran 2019 ini, memperoleh kucuran APBN Rp 5 Miliar lebih alokasi DAK fisik bidang pendidikan yang menyasar sedikitnya 200 Sekolah Dasar.  ||Aswan Nursandi

 

gbr. Illustrasi

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com