,
26 April 2017 | dibaca: 1172 pembaca
SPPD Fiktif Bio Farma

gbr ilustrasi

Jakarta, skornews.com

 

Diduga, Miliaran Rupiah anggaran perjalanan dinas Tahun, 2015-2016 pada PT Bio Farma (Persero) dimanipulasi, sejumlah perjalanan dalam dan luar negeri tidak memiliki bukti dokumen valid sebagaimana diatur dalam Keputusan maupun Nota Dinas Direksi tentang Peraturan Perjalanan Dinas dan peraturan Menteri BUMN tentang tata kelolah perusahaan yang baik, Good Corporate Governance.

 

Sumber skornews mengatakan bahwa sejumlah Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) tidak disertai bukti dokumen transportasi, akomodasi, dokumentasi dan laporan kegiatan out put sehingga patut diduga telah terjadi perjalanan fiktif yang menggerus keuangan perusahaan milik pemerintah tersebut.

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Direksi PT Biofarma melalui staf humas, Edwin dan Indah belum bersedia memberikan klarifikasi, “Kami masih menunggu perintah pimpinan,” kata Edwin kepada skornews saat dihubungi via telepon.

 

Edwin melanjutkan, “terima kasih atas surat permohonan wawancara, sebelum kami dapat menerima tim Jurnalis dari Redaksi Skor, mohon kiranya untuk dikirimkan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang akan disampaikan kepada narasumber kami,” kata edwin kepada skornews via email. (21/4/17)

 

Menanggapi permintaan tersebut, skornews telah mengirimkan Tiga poin pertanyaan. Corporate Communication PT Bio Farma menjawab pertanyaan skornews yang dikirim melalui email mail@biofarma.co.id (26/4/17). Dapat kami berikan jawaban sebagai berikut, ”bahwa informasi tersebut tidak benar dan Laporan Keuangan sudah dilakukan audit”.

 

Jawaban dari pihak Bio Farma tersebut tidak tuntas menjawab 3 poin pertanyaan skornews yang sebelumnya diminta staf humas, Edwin. Hal tersebut berbanding terbalik dengan spanduk Right To Know Day PT Biofarma saat memperingati hari untuk Tahu se-Dunia Tahun 2016 lalu yang dipajang besar-besar di bagian bawah website-nya www.biofarma.co.id dengan tema “Keterbukaan Informasi Publik Merupakan Pondasi Dalam Membangun Good Corporate Governance”. ||Yudi

 

Bersambung…! Nantikan penelusuran skornews dan klarifikasi Bio Farma pada pemberitaan selanjutnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com