,
05 Januari 2016 | dibaca: 1182 pembaca
Samsat Barru Lakukan Pungli

BARRU, Skornews.com

Praktik pungutan liar (Pungli) disinyalir terjadi di kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Pungli itu berupa pungutan tanpa bukti tanda terima yang harus dibayarkan masyarakat saat memperpanjang pajak kendaraan bermotor.  

 

Seorang warga, Fajrin mengaku menjadi korban Pungli saat mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada Jum’at, 20 Nopember 2015. Ia mengaku melakukan pembayaran namun bukti yang diterima tidak sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan.   

 

Saya diminta membayar Rp 273.000 sementara yang tertera di lembaran STNK hanya Rp 237.500, saat saya minta kwitansi tanda terima petugas loket tidak memberikan, petugas hanya memberi isyarat "memang seperti itu" Ungkap Fajrin kepada Skornews, beberapa waktu lalu.

 

Saat itu, Fajrin menyadari menjadi korban pungutan liar, namun dirinya tidak bisa berbuat banyak, apalagi disekitar loket banyak aparat kepolisian yang terkesan membiarkan pungutan itu.

 

Saya sadar itu sudah pungutan liar tapi saya tidak bisa melawan saat itu karena ada juga polisi disekitar tempat pembayaran itu” Ujarnya.

 

Jika dalam sehari terdapat 30 masyarakat yang mengurus perpanjangan STNK dengan pungutan Rp 35.000, berarti terdapat Rp. 1 juta pungutan liar yang terkumpul, dan dalam sebulan (20 hari) bisa mencapai Rp.21 juta dana ilegal terkumpul dari masyarakat yang menjadi korban pungutan liar.

 

Fajrin menduga praktik Pungli itu sudah berlangsung sekian lama, Sebelumnya Ia mengaku juga mendengar keluhan dari beberapa masyarakat atas pungutan itu. Untuk itu, Fajrin berharap pihak polres Kabupaten Barru dapat menindak oknum oknum yang terlibat dalam pungli Samsat itu.

 

“Jika tidak diindahkan oleh polres maka polda harus turun tangan dalam hal ini. Kalau instansi penegak hukum saja yang banyak melakukan pelanggaran lantas siapa lagi yang harus dipercaya” Pungkasnya. Shabil

Berita Lainnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com