,
20 Februari 2016 | dibaca: 785 pembaca
Rusak Lingkungan HIPMI Desak Tutup Bosowa
HIPMI Tolak Hadiri Pesta Rakyat Semen Bosowa Maros

Ketum Dan Sekjen HIPMI

MAROS, skornews.com

 

PT Semen Bosowa Maros gelar pesta rakyat di pelataran parkir Bosowa Mallomo Desa Baruga Kec. Bantimurung Kab. Maros (20/2/2016), rencananya acara tersebut akan dihadiri pemilik Bosowa, H. Aksa Mahmud.

 

Acara tersebut dilaksanakan memperingati 43 Tahun berdirinya Perusahaan Semen Bosowa yang dirangkaikan dengan Sunatan Massal, Donor Darah, Medical Check-Up dan dimeriahkan dengan penampilan artis Lokal Sulawesi Selatan.

 

Pengurus Besar Himpunan Pemuda Mahasiswa Indonesia (HIPMI) Maros Raya yang mendapat undangan (19/2) namun pihak PB HIPMI menolak menghadiri Pesta Rakyat tersebut dan melarang kadernya hadir diacara itu.

 

“Pesta Rakyat yang dilaksanakan Semen Bosowa hanya untuk membangun pencitraan dan mengaburkan pengrusakan karst selama puluhan tahun mengeksploitasi gunung yang mengakibatkan rusaknya alam dan punahnya peradaban karst bantimurung secara perlahan,” kata Ketua Umum PB HIPMI.

 

Dilanjutkan, “sudah cukup daerah - daerah pesisir tidak dapat menikmati air bersih karena dimonopoli oleh Semen Bosowa dan Pemerintah Daerah tidak berani bersikap tegas mengembalikan kedaulatan air yang dalam undang-undang diatur dengan tegas bahwa bumi, air dan kekayaan alam dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat.”

 

“Semen Bosowa adalah penggerogot kekayaan alam butta salewangang,” hal itu disampaikan Sekjen PB HIPMI Maros Raya, Tazmin Hamliong.

 

Debu dan ledakan adalah persoalan mendasar masyarakat sekitar yang tidak berimbang dengan konvesasi dan tanggungjawab Bosowa terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.

 

Melalui momentum ini, kami meminta pemerintah untuk peka terhadap persoalan yang ditimbulkan, HIPMI Maros Raya menolak dengan tegas menghadiri undangan Semen bosowa.

 

“lembaga kami sampai detik ini masih konsisten mengawal hak-hak rakyat yang dirampas oleh perusahaan milik Aksa Mahmud tersebut, kami akan terus menyadarkan masyarakat akan kejahatan tambang tersebut, tutup semen bosowa dan adili Aksa Mahmud, tutur Ketum PB HIPMI.

 

Reporter: Rauf

Editor: Awi

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com