,
26 April 2018 | dibaca: 975 pembaca
Replanting Dukung Keberlanjutan Perkebunan Sawit

Surat Klarifikasi pengurus KUD Sumber Jaya Lestari bernomor 25/KUD-SJL/IV/2018 yang ditujukan kepada Pemimpin Redaksi www.skornews.com, sebagai berikut:

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pemberitaan yang dimuat di media online www.skornews.com tertanggal, 5 April 2018 dengan judul “Petani Keluhkan Program Nasional Replanting Sawit”, dengan ini kami memberikan klarifikasi bahwa hal yang diberitakan tersebut adalah tidak benar karena pada prinsipnya kami selaku pengurus memang bertanggungjawab penuh terhadap penggunaan dan pengelolaan dan tersebut dan dana bantuan tersebut semuanya dikelolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, pengambilan beberapa foto di lokasi replanting yang dimuat juga dilakukan tanpa izin pengurus KUD. Atas pemberitaan tersebut kami merasa dirugikan karena sudah mencemarkan nama baik kami baik atas nama pribadi maupun secara kelembagaan. Dari berita yang dimuat tersebut belum ada konfirmasi terlebih dahulu dari pihak media ke pengurus KUD tetapi sudah disebarluaskan ke masyarakat.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiaannya kami sampaikan terimakasih.

Mekar Jaya, 25 April 2018

Ketua Umum

Ttd. Agus ARZ

 

Atas sanggahan tersebut, redaksi skornews memberikan tanggapan sebagai berikut:

 

Pers memiliki hak untuk mengambil dan menyimpan gambar serta melakukan kritik dan koreksi terhadap hal-hal yang menyangkut kepentingan umum, hal itu diatur dalam Pasal 4 (3), Pasal 6 (d) UU 40/1999 tentang Pers.

 

Dalam hal, Ketua KUD merasa dirugikan nama baik serta lembaganya dicemarkan. Pemimpin redaksi skornews talah melakukan kunjungan silaturahim di kantor KUD Sumber Jaya Lestari Kabupaten Musi Banyuasin pada hari yang sama sejak diterimanya surat klarifikasi tersebut dan diterima dengan baik oleh Ketua KUD, Agus ARZ dan sejumlah pengurus KUD Sumber Jaya Lestari untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya serta solusi penyelesaian.

 

Bahwa, terdapat kekeliruan dalam proses peliputan dan pemberitaan, pemimpin redaksi atas nama media online www.skornews.com meminta maaf kepada Ketua, pengurus dan seluruh anggota KUD Sumber Jaya Lestari serta pembaca skornews dan telah disepakati secara bersama-sama yang disaksikan perwakilan Dinas Perkebunan Kabuten Muba. bahwa skornews segera menurunkan (menghapus) dan meralat pemberitaan tersebut agar pembaca mengetahui kondisi sebenarnya sesuai fakta yang ada.

 

Ketua KUD Sumber Jaya Lestari, Pemred skornews dan jajaran Dinas Perkebunan Kabupaten Muba, bersama-sama melakukan kunjungan lapangan (lokasi replanting sawit) serta bertemu dengan sejumlah pengurus KUD dan petani sawit agar diperoleh informasi yang valid dari narasumber yang berkompeten serta kondisi sebenarnya penggunaan anggaran, bibit dan kebun sawit program replanting.***

 

Dari kiri: Pemred skornews, koordinator peremajaan Kelapa Sawit Muba, Ketua Umum KUD Sumber Jaya Lestari

 

Manfaat Replanting Bagi Keberlanjutan Usaha Perkebunan

 

SKORNEWS - Replanting adalah upaya pemerintah merehabilitasi kelapa sawit rakyat yang sudah tua dan kurang produktif pada umur tanam 25 Tahun, lebih dari 4000 ha. Kebun sawit percontohan program replanting yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017 lalu di Kabupaten Musi Banyuasin.

 

Pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 25 Juta/ha. Langsung ke rekening petani melalui Bank BNI yang pengelolaannya dilaksanakan KUD setelah disepakati bersama anggota koperasi dibawah pengawasan ketat Dinas Perkebunan Kabupaten Musi banyuasin (Muba).

 

 

“Kalau ada pihak yang mengatakan bahwa anggarannya disalahgunakan Ketua KUD itu sangat mustahil karena uangnya di rekening petani dan pencairan serta penggunaannya diawasi Dinas Perkebunan,” kata Ketua Umum KUD Sumber Jaya Lestari, Agus ARZ.

 

Hal tersebut diaminkan Koordinator Peremajaan Kelapa Sawit, Dinas Perkebunan Muba Ir. Deddy Widyantono, MM., “Proses pencairan itu melalui sejumlah tahapan sesuai persyaratan ketat dan penggunaannya dalam pengawasan kami, tidak ada petani maupun ketua dan pengurus KUD yang menerima uang tunai tapi bantuan pendanaan itu dalam bentuk pembiayaan pengadaan bibit, penggalian lobang tanam, penanaman yang dibayarkan sesuai dengan progres, jadi bukan uang tunai yang diberikan,” kata Deddy kepada skornews, (25/4).

 

 

Sementara itu, Kepala Seksi Perbenihan Tanaman Perkebunan/Tim Sekretariat Timsus PSR Dinas Perkebunan Kab. Muba, Rahmat Hidayat, SE., M.Si. kepada skornews menjelaskan bahwa pertumbuhan bibit sawit program replanting yang baru tanam jika dibandingkan dengan bibit sawit yang tumbuh liar memang akan terlihat kalah subur tapi itu hanya sementara waktu sampai akar bibit program replanting telah menyesuaikan dengan kondisi dan kontur tanah.

 

“Yang terpenting adalah manfaat jangka panjangnya dari segi kualitas dan produktifitas. Bibit replanting telah melalui proses penelitian ahli dan telah disetifikasi oleh pihak berkompeten di bidangnya,” terang Rahmat.

 

 

Ketua Umum KUD Mukti Jaya, Bambang Gianto saat ditemui skornews menegaskan bahwa program replanting sangat bermanfaat bagi petani sawit yang sangat mendukung keberlanjutan usaha perkebunan rakyat.

 

“Saya membayangkan jika tanaman sawit warga tidak memperoleh program replanting dari pemerintah sementara produktifitas sudah menurun karna usia dan pada akhirnya tidak akan produktif lagi, tentu petani sawit akan mengeluarkan biaya sendiri untuk penebangan, biaya pembelian bebit, biaya tanam dll. ini sudah diberikan uang Rp 25 Juta dan juga pembinaan dari Dinas Perkebunan, pemerintah sudah sangat membantu,” tegasnya, (25/4/18).

 

 

Skornews juga berkesempatan melihat bibit sawit yang ditanam langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada 13 Oktober 2017 lalu di Desa Panca Tunggal di wilayah kerja KUD Mukti Jaya. Sebagai ucapan terimakasih warga kepada pemerintah, petani bersama pengurus koperasi rencanya akan membangun tugu di lokasi tersebut sebagai simbol perhatian pemerintah kepada rakyat. ||Darwis

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com