,
18 Juli 2017 | dibaca: 549 pembaca
Ratusan Miliar Bansos Kemensos “raib”

gbr ilustrasi

Jakarta, skornews.com

 

Bantuan Sosial, Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) bukan cuma dilaksanakan tanpa Pedoman Pelaksanaan tapi juga ribuan data penerima bersumber dari rekomendasi 2 LSM yang tidak berkompeten dalam pendataan calon RTS bansos PSKS (dikoreksi)

 

Triliunan Rupiah dana Bansos Kementerian Sosial Tahun 2015 seharusnya diberikan kepada masyarakat (keluarga) penyandang masalah kesejahteraan sosial berdasarkan verifikasi dan validasi (verivali) karena Ratusan Miliar telah dialokasikan untuk menyaring dan menentukan penerima program perlindungan sosial agar tepat sasaran (keluarga dengan tingkat sosial ekonomi terendah).

 

Diberitakan sebelumnya, bahwa Bansos PSKS dilaksanakan pada bulan April, Mei dan selesai pada bulan Juni sebagaimana dijelaskan PPK PSKS, Tatang kepada skornews (14/7) lalu. (klik beritanya disini)

 

Penelusuran skornews lebih lanjut, terdapat sejumlah SP2D PSKS yang dicairkan pada akhir tahun anggaran (Desember) yang jumlahnya “nyaris” sama dengan realisasi anggaran hasil pendataan 2 LSM dan juga “nyaris” sama jumlahnya dengan realisasi anggaran kegiatan rapat-rapat koordinasi/teknis pelaksana kegiatan.

 

Pegiat anti korupsi, marman Gatot yang berkunjung ke kantor redaksi skornews (17/7) usai aksi demo di Kemendes, BPK dan Mabes Polri berjanji akan kembali menggelar aksi di Kementerian Sosial meminta Menteri Sosial agar transparan menunjukkan laporan pertanggungjawaban seluruh kegiatan Bansos ke Publik agar dapat dicek kebenaran dan ketepatan sasarannya sesuai aturan.

 

“Ini uang rakyat, harus diberikan kepada yang layak menerima sebagai konpensasi kenaikan harga BBM,” katanya tegas.

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Biro Humas Kementerian Sosial, Adi Wahyono berjanji akan meneruskan kepada pejabat terkait untuk diklarifikasi. Hingga berita ini ditulis, pihak Kemensos belum memberikan tanggapan. ||prayudi

 

Bersambung...!

Nantikan berita selanjutnya, "tanggapan DPR atas dugaan manipulasi realisasi bansos Kemensos"

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com