,
19 Oktober 2018 | dibaca: 375 pembaca
Raibnya Ratusan Miliar Pendapatan Negara

Jakarta, skornews.com

 

Ratusan Miliar PNBP pelayanan jasa kebandarudaraan hingga kini belum diterima pemerintah. Setiap tahun, negara seharusnya menerima 2,5% dari pendapatan Pelayanan Jasa Kebandarudaraan yang dilaksanakan PT AP I dan II.

 

Satuan Kerja (Satker) Direktorat Bandar Udara (DBU), Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), Kementerian Perhubungan menyepakati perjanjian Konsesi dengan PT Angkasa Pura I dan II (Persero) pada tanggal 15 Desember 2015 lalu.

 

Belum diketahui, apakah Satker DBU yang belum menyetorkan pendapatan tersebut ke kas Negara ataukah pihak PT Angkasa Pura I&II yang tidak mematuhi perjanjian konsesi.

 

Berikut kutipan Perjanjian mengenai hak dan kewajiban antara Ditjen Hubud dengan PT AP I dan II tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan:

 

Hak Ditjen Hubud, menerima pembayaran besaran nilai konsesi, menerima laporan kegiatan pelayanan jasa kebandarudaraan dari pihak kedua setiap 6 bulan, menerima laporan keuangan yang telah diaudit oleh Akuntan Publik setiap 1 (satu) tahun dan melaksanakan pengawasan kegiatan pelayanan jasa kebandarudaraan.

 

Kewajiban Ditjen Hubud, memberikan konsesi dan membantu menyelesaikan segala perizinan dan persyaratan administrasi lainnya

 

Hak pihak PT AP I&II, menerima konsesi dan melaksanakan kegiatan pelayanan jasa kebandarudaraan sementara Kewajiban PT AP I&II adalah melaksanakan konsesi kegiatan pelayanan jasa kebandarudaraan, membayar besaran nilai konsesi dan melaporkan kegiatan pelayanan jasa kebandarudaraan dan laporan keuangan yang telah diaudit oleh Akuntan Publik.

 

Pihak Direktorat Bandar Udara yang dikonfirmasi skornews, belum bersedia memberikan tanggapan, “tanggapan akan disampaikan via email,” kata security kepada skornews, di Kantor DBU, Zainath Tower, Lt 9 Kemayoran, Jakarta Pusat, (16/10). ||Awi Rizki

Berita Lainnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com