,
08 Agustus 2019 | dibaca: 1164 pembaca
PUNGLI Pelabuhan Resahkan Pelaku Usaha Pelayaran

Jalur pelayaran sungai mahakam (foto skornews, 27/7)

Samarinda, skornews

 

Pungutan Liar (Pungli) di lingkup Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda, Kalimantan Timur dikeluhkan pemilik/pengusaha kapal serta pihak-pihak yang terkait langsung dengan pelaku usaha pelayaran.

 

Dugaan pungli seringkali terjadi pada pengurusan dokumen pelayaran dan surat-surat kelengkapan kapal serta pada saat bongkar muat.

 

Hal tersebut dibantah pihak KSOP ketika dikonfirmasi skornews bahwa tidak ada pungli kepada pemilik/pengusaha kapal karena semua pengurusan/perizinan kapal baik perpanjangan dokumen maupun pelaporan kapal tiba dan kapal berangkat diproses di ruang pelayanan publik 1 (satu) atap di KSOP.

 

ralat foto, (redaksi skornews mohon maaf atas kesalahan pemuatan foto Kantor KSOP, sebelumnya dimuat foto kantor kua kemenag mamuju)

​​​​KSOP Kelas II Samarinda (foto selfe skornews, 27/7)

 

“Kami tidak mengetahui tentang Koordinator di luar kegiatan tersebut karena tidak ada calo di lingkungan KSOP Samarinda, yang mengurus dokumen-dokumen kapal adalah pegawai  operasional pelabuhan dan perusahaan keagenan pelayaran serta perusahaan bongkar muat,” kata Kepala KSOP, Capt. Dwi Yanto kepada skornews, (6/8/19).  

 

Capt. Dwi menambahkan bahwa, “apabila ada oknum pegawai KSOP Kelas II Samarinda yang terlibat, mohon diinformasikan kepada kami untuk diberikan tindakan tegas sesuai peraturan kepegawaian yang berlaku,” tegasnya.

 

Jalur pelayaran sungai mahakam (foto ratis skornews, 27/7)

 

Sebelumnya, Tim investigasi skornews melakukan penelusuran selama 6 Hari (tanggal, 24-30/7) di Samarinda, sejumlah narasumber, mulai dari tokoh hingga pelaku usaha dan pihak-pihak yang terkait lansung dengan kegiatan pelayaran di lingkungan KSOP Samarinda mengaku resah dengan masih maraknya oknum-oknum yang meminta pungutan diluar ketentuan.

 

“Pengurusan dokumen kelengakapan kapal dan ijin rencana bongkar muat itu seringkali terlambat kami terima yang berakibat protes dari pemilik barang, kami terpaksa “bernegosiasi” lagi agar lebih cepat bongkar,” kata sumber skornews. (sesuai permintaan, identitas narasumber dirahasiakan)

 

Sumber lain membenarkan jika pungutan diluar ketentuan itu memang terjadi bahkan marak terjadi. Beberapa waktu lalu juga ada yang demo ke kantor KSOP memprotes keterbukaan pelayan publik.

 

“Setelah ada yang demo itu, pelayanan sempat berubah dan membaik tapi cuma sebentar, setelah itu makin parah pak tapi kami tidak ada pilihan,” kata sumber skornews yang juga pemilik kapal itu kesal, (26/7). ||ratis, rzk

 

 

Nantikan berita hasil penelusuran selanjutnya.. !!

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com