,
08 Januari 2016 | dibaca: 812 pembaca
PT Timah Dukung Audit Smelter
Agung : Audit Smelter Penting Untuk Perbaiki Tata Kelola Timah

JAKARTA. Skornews.com

PT Timah (Persero) Tbk mendukung Langkah pemerintah untuk segera melakukan audit kapasitas di sejumlah fasilitas pengolahan dan pemurnian (Smelter) timah di Provinsi Bangka Belitung.

 

Sekretaris Perusahaan PT Timah, Agung Nugroho mengatakan audit smelter yang akan dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu penting untuk memperbaiki tata kelola timah.

 

Smelter yang akan diaudit menurut Agung, tidak hanya milik perusahaan swasta, namun juga milik PT Timah.

 

“Sekarang ini antara produksi dengan luasan iup apa semua itu kan tidak masuk akal, makanya penting dilakukan audit smelter” Ujar Agung Kepada Skornews yang dihubungi via telpon, Kamis, (7/1).

 

Lebih lanjut Agung mengatakan audit itu akan berdampak positif bagi harga komoditas timah. Pasalnya, ekspor timah lebih terkontrol dan mampu mendongkrak harga. Adapun harga timah di 2015 berada dikisaran US$ 14.500 per ton. Sedangkan pada 2014, harga timah berada di level US$ 20.000 per ton.

 

"(Audit) Pastinya akan berdampak dan berpengaruh (terhadap harga) karena Indonesia eksportir terbesar di dunia," kata Agung

 

Sebelumnya Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Mochtar Husein mengatakan audit ini difokuskan pada smelter timah di wilayah Bangka Belintung. Pasalnya daerah tersebut melimpah akan sumber timah.

 

"Timah kan banyak di Bangka Belitung. Auditnya mulai Januari 2016," ujarnya.

 

Mochtar menjelaskan audit yang dilakukan dengan mendatangi smelter timah. Lalu dilihat berapa besar kapasitas produksi smelter tersebut. Dari data produksi itu kemudian ditilik lebih jauh berapa besar jumlah pasokan bahan baku dan ekspornya.

 

Tim audit pun akan memverifikasi asal bahan baku dan negara tujuan ekspor. Apabila ada perbedaan jumlah antara pasokan, produksi dan ekspor maka akan ditelisik lebih jauh. Mochtar pun menyebut jika hasil audit menemukan dugaan pelanggaran tindak pidana maka akan diserahkan ke penegak hukum.

 

"Sementara ini (audit untuk) pencegahan. Kalau ketemu hal-hal yang terbukti barang diselundupkan pasti ditindak dong," tegasnya.

 

Audit ini melibatkan pemerintah daerah Bangka Belitung sehingga pemerintah daerah turut memverifikasi data pengelolaan timah di wilayahnya. ARM

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com