,
02 Juni 2017 | dibaca: 18916 pembaca
PT Lion Wings Langgar UU Ketenagakerjaan

Lokasi: PT Lion Wings, Cakung Jakarta Timur (foto: Bayu 02 Juni 2017)

Jakarta, skornews.com

 

PT Lion Wings (PMA) memecat karyawan secara sepihak, Kirmadi karyawan yang telah bekerja selama 19 Tahun dipecat karena tidak bersedia kerja lembur over time dengan alasan bahwa perusahaan memberlakukan aturan sepihak kerja lembur dibayar dengan cuti.

 

“Saya kerja cari uang bukan cari cuti, kalau kerja lembur dibayar dengan uang saya bersedia lembur,” kata kirmadi kepada skornews saat ditemui di pintu gerbang PT Lion Wings, Cakung Jakarta Timur, Jumat (02/06).

 

Kirmadi yang juga ketua Serikat Buruh Lion Wings (SBLW) melanjutkan, “karena menolak kerja lembur, saya diminta menandatangani SP3 namun saya menolak karena tidak ada aturan tertulis dari perusahaan (legal) dan hari ini security tidak memperbolehkan saya masuk perusahaan tanpa ada penjelasan formil dari perusahaan,” terangnya.

 

Penelusuran lebih lanjut kepada sejumlah karyawan lainnya bahwa Managemen PT Lion Wings tidak memberikan SK Karyawan sebagai legal standing, “saya sudah bekerja hampir 20 Tahun namun tidak memiliki SK Karyawan,” kata karyawan tersebut (atas permintaan narasumber, nama tidak disebutkan).

 

Managemen PT Lion Wings (PMA) diduga telah melanggar undang-undang tentang ketenagakerjaan dan semena-mena memberlakukan aturan (sepihak) kepada karyawannya, “jika ada karyawan mengalami kecelakaan kerja maka karyawan tersebut diberikan Surat Peringatan (SP) dengan dalih Human Error,” tutur Kirmadi.

 

Ditambahkan Kirmadi, "Perusahaan juga menolak kehadiran serikat buruh LW padahal SBLW telah mendapatkan legalitas dari Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Timur dan menekan anggota SBLW. hal itu telah saya laporkan ke Sudin dan saat ini tengah dalam proses mediasi namun sudah Dua Kali pertemuan mediasi tidak dihadiri pihak Lion Wings tanpa alasan," katanya menambahkan.

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Satuan Pengamanan (Satpam) PT Lion Wings, Sutardi (maaf, sebelumnya karji dikoreksi/salah) tidak memberikan ijin menemui pihak managemen, “pimpinan yang bersangkutan tidak ada dan pihak managemen tidak bersedia ditemui,” katanya (02/06).

 

Sutardi menjelaskan bahwa sebetulnya Kirmadi tidak dipecat, “kirmadi tidak diperbolehkan masuk karena perintah pimpinan dengan alasan pak Kirmadi tidak bersedia menandatangani Surat Peringatan ke-3,” katanya melanjutkan.

 

Laporan Wartawan skornews di lokasi (02/06), Kendaran Truk Kontainer (distribusi barang) PT Lion Wings memacetkan arus lalulintas jalan umum, puluhan truk gandeng parkir (ngetem) menunggu giliran masuk perusahaan di sepanjang jalan dari arah jalan utama Cakung, Jakarta Timur menuju Kantor PT Lion Wings, “sering banget macet pak, didalam kendaraan besar-besar lagi penuh sehingga kendaraan lain menunggu di luar,” kata seorang warga kepada skornews.

 

Konfirmasi lebih lanjut kepada pihak Sukudinas Tenaga Kerja Jakarta Timur, Pemprov. DKI Jakarta dan Kementerian Tenaga Kerja, belum berhasil dihubungi skornews. ||Bayu

 

Link Video: https://www.youtube.com/watch?v=27fqhujqxrY

 

 

Stop Press…!

Nantikan penelusuran skornews selanjutnya “Dugaan pelanggaran undang-undang ketenagakerjaan PT Lion Wings (PMA) dan transparansi kewajiban Pajak/CSR serta tatalaksana managemen limbah industry dalam menjaga kebersihan lingkungan

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com