,
16 Oktober 2015 | dibaca: 1274 pembaca
PT BULS Diduga Buat Laporan Fiktif Ribuan Sapi Mati

MAROS, Skornews.com

Dugaan penyelewengan sapi di PT Berdikari United Livestock (BULS) dengan modus manipulasi laporan kematian ribuan ekor sapi nampaknya ada benarnya.

 

Beberapa mantan karyawan pada anak perusahaan BUMN PT Berdikari itu bahkan membantah adanya sapi yang mati dalam jumlah ribuan bahkan ratusan ekor pada beberapa tahun terakhir ini, sebagaimana yang dilansir Skornews .com.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim investigasi Skor di Desa Lainungan Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan diketahui tidak adanya kematian sapi dalam jumlah banyak.

 

Salah seorang mantan karyawan PT BULS, Arifin mengatakan selama dirinya memelihara sapi di PT Buls tidak pernah mendapati kematian sapi sebanyak seratus ekor apalagi ribuan ekor.

 

“Tidak ada itu sapi mati sampai ribuan seperti diberitakan Tabloid Skor”Ujarnya kepada Skornews.com beberapa waktu lalu.

 

Mantan karyawan lainnya, Munandar membenarkan pernyataan Arifin. Munandar yang mengaku pernah lama bekerja di PT BULS tidak pernah menyaksikan banyaknya sapi yang mati.

 

Lagipula menurut Munandar apabila ada ternak sapi yang mati harus dibuktikan dengan dokumentasi foto.

 

“Kalau ada yang mati, biasanya kami akan melakukan pencatatan berapa yang meninggal, dan meninggal disebabkan karena apa. Pertanggungjawaban kami sebagai pemelihara harus dibuktikan dengan foto dan dokumentasi sebagai acuan kami dalam menggunakan anggaran Negara”tuturnya.

 

Munandar juga mengatakan pada tahun 2013 PT. BULS sempat mengalami krisis kepemimpinan yang berdampak pada krisis keuangan perusahaan sehingga merembes kepada kurangnya pasokan pakan yang mengakibatkan banyaknya sapi yang kurus.

 

Ia juga menyebutkan saat ini kandang peternakan sapi sudah dikerjasamakan dengan pihak lain yakni CV Agro Bukit Indah.

 

“Sudah dua tahun ini PT Buls telah menyewakan kandang peternakan sapinya ke CV. Agro Bukit Indah yang berkantor di jalan bukit indah no 76 kota parepare” ujarnya. AA. 048

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com