,
15 Juli 2017 | dibaca: 485 pembaca
PPID Biofarma Pelit Informasi, KIP: Bisa Ajukan Keberatan Dan Gugatan

Jakarta, skornews.com

 

Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID) PT Bio Farma (persero), Nurlaela Arief yang enggan memberikan informasi terkait perjalanan dinas dan menyatakan bahwa hal itu termasuk informasi yang dikecualikan oleh Undang-Undang KIP Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menuai banyak sorotan dari sejumlah aktivis.

 

"kalau tidak ada masalah dan perjalanan dinas benar dilakukan kenapa takut ditelusuri kebenarannya, hal itu ya jadi makin mencurigakan, gugat saja di Komisi Informasi," kata aktivis anti korupsi, Arifiandi saat berkunjung di kantor redaksi skornews (12/7) lalu.

 

Diberitakan sebelumnya bahwa Puluhan Miliar Perjalanan dinas Bio Farma Tahun, 2015 diduga Fiktif, dugaan tersebut dibantah Nurlaela Arief melalui surat dan pernyataan langsung saat audiens dengan skornews di kantor PT Biofarma, Bandung, Jawa Barat, Tanggal (12/6/17) lalu. (berita sebelumnya, klik disini)

 

Untuk membuktikan kebenaran pernyataan pejabat PPID Bio Farma itu, skornews meminta informasi sejumlah Perjalanan Dinas untuk diuji ke tempat tujuan perjalanan dinas sesuai SPPD dimaksud, apakah benar terlaksana namun pihak Bio Farma tidak bersedia memberikan dengan alasan bahwa hal itu adalah informasi yang tidak bisa diberikan (dikecualikan).

 

Pihak Komisi Informasi Pusat yang dikonfirmasi skornews mengatakan bahwa Pejabat Public tidak boleh serta merta dapat mengatakan suatu informasi itu dikecualikan, sebelumnya harus dilakukan pengujian konsekuensi terhadap informasi yang diminta oleh pemohon informasi dan hasil pengujian tersebut harusnya juga diberikan pada saat mengatakan bahwa informasi yang diminta itu dikecualikan sebagai bukti telah diuji melalui uji konsekuensi.

 

“Silahkan ajukan keberatan kepada Atasan PPID melalui PPID, jika tidak dijawab ataukah dijawab tapi tetap menyatakan bahwa informasi yang diminta itu dikecualikan maka pemohon informasi dapat mengajukan gugatan dan penyelasaian sengketa melalui Komisi Informasi,” kata Komisioner yang diwakili staf ahli KIP, di kantor Komisi Informasi Pusat Lt 5, Jl. Abdul Muis No. 8 Jakarta Pusat. (12/7/17). ||rzk

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com