,
03 Oktober 2016 | dibaca: 1370 pembaca
PNS Koruptor Tidak Dipecat ?

ilustrasi koruptor

Sulbar, skornews.com

 

2 Oknum pejabat mantan terpidana korupsi di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, “S” dan “M. A” saat ini masih menjalankan tugas sebagai PNS pasca menjalani hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan.

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala BKDD Prov. Sulbar enggan memberikan komentar saat dihubungi skornews.

 

Bahwa, Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) diberhentikan dengan tidak hormat karena menjalani hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (incrah) sanksinya adalah diberhentikan dengan tidak hormat.

 

Berikut bunyi pasal 87 ayat 4 (b) UU ASN No. 5, Tahun 2014, “PNS diberhentikan tidak dengan hormat jika, Dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum.”

 

Biro humas BKN ketika dikonfirmasi skornews (4/10) terkait PNS yang dipidana korupsi menjelaskan bahwa permasalahan tersebut harusnya ditindaklanjuti oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) daerah setempat, “kami minta laporan yang sifatnya pengaduan sehingga kami dapat menindaklanjuti dengan memanggil kepala daerah dan PPK nya, tentu disertai dengan bukti fakta sebagai pendukung,” kata pajabat pengelolah bahan informasi dan publikasi Humas BKN, Diah. #awi  

 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com