,
31 Januari 2017 | dibaca: 705 pembaca
Perusahaan Sawit “Kebiri” Hak Rakyat
Masyarakat Adat Sorong Dan Maybrat Tuntut PT PMP & PT PPM

Soleman Mate (Tokoh Masyarakat Womba)

Papua Barat, skornews.com

 

Sejumlah perwakilan tokoh Masyarakat dan pemilik ulayat suku Iwaro, Kaiso, Awee dan Maybrat menyampaikan aspirasinya terkait tidak dipenuhinya hak-hak mereka oleh peruhaan kelapa sawit, PT PMP dan PT PPM.

 

Sejumlah tokoh yang mewakili masyarakat adatnya adalah Boas Manas (Kepala suku Iwaro), Melki Bonisau (Kepala suku Kaiso), Soleman Mate (Tokoh Masyarakat Womba), Herman Sowe (Tua Marga Sowe), Thomas Kaitauw ((Pemilik Hak Ulayat) serta sejumlah tokoh masyarakat yang sebelumnya tergabung dalam managemen perusahaan sawit diantaranya Melkianus Warwer (Community Relation),  Primus Balia (CID), Karel M. Eramuri (CID), Firmansyah (compliance), Rudi Guntoro (General Affair), Fretty Manurung (HR), Mayland Y. Sewa (CID).

 

Masyarakat meminta agar hak-hak mereka secepatnya dipenuhi dan direalisasikan oleh perusahaan kelapa sawit yang menggarap tanah adat/ulayat. Sejumlah tuntutan diantaranya transparansi atas pembayaran dan perhitungan kubikasi kayu yang dikelolah di tanah mereka dan kejelasan Tunjangan Hari Raya (THR) selama mereka bekerja di perusahaan tersebut.

 

Mereka berharap agar dapat berkomunikasi langsung dengan pimpinan perusahaan untuk mendapatkan penjelasan yang sebenaranya.

 

“Jumlah kayu yang diambil tidak transparan, seharusnya sesuai ketentuan bahwa pihak perusahaan bersama masyarakat dan Dinas Kehutanan bersama-sama melakukan pengukuran kubikasi kayu dan disampaikan kepada seluruh masyarakat pemilik hak, namun tidak pernah dilakukan,” kata Soleman Mate bersama sejumlah tokoh saat wawancara dengan skornews, (27/1).

 

Masyarakat mengancam akan menggelar aksi dan menutup oprasional perusahaan jika pihak perusahaan tetap tidak memberikan kejelasan hak mereka.

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, pihak Perusahaan PT PMP dan PPM belum berhasil dihubungi hingga berita ini ditulis, klarifikasi akan dimuat pada pemberitaan selanjutnya. 011.S,Tim

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com