,
04 Mei 2015 | dibaca: 1314 pembaca
Perum Jamkrindo Rugi Akibat Salah Pilih Mitra

Skornews.com, Jakarta

Akibat kurang professional dalam memilih mitra kerjasama. Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam penjaminan kredit mengalami kerugian hingga puluhan miliar rupiah.

 

Kerugian itu diakibatkan mitra yang dipilih ternyata tidak mampu membayar klaim asuransi yang ditagihkan kepada mitra kerjasama.

 

Berdasarkan data dan informasi yang Skor terima, pada tahun 2008 Perum Jamkrindo menjalin kerjasama dengan PT. Asuransi Syariah Mubarokkah (PT ASM) dalam hal Penjaminan Bersama (Co-Guarantee) untuk meminimalisasi risiko penjaminan kredit yang diberikan kepada penerima jaminan (kreditur).

 

Namun dalam realisasi kerjasama itu, setiap tahunnya PT ASM memiliki outstanding yang tidak dibayarkan kepada Perum Jamkrindo, namun anehnya perjanjian kerjasama terus diperpanjang sampai tahun 2012.

 

Hingga Pada tahun ke lima itu (2012) akumulasi outstanding klaim PT ASM sebesar Rp. 72 miliar lebih, pada hal Perum Jamkrindo terus membayar premi Co Guarantee kepada PT ASM.

 

Bahkan pada tahun 2009 Perum Jamkrindo membayar Premi kepada PT ASM sebesar Rp. 56 miliar lebih, kemudian pada tahun 2010 Perum Jamkrindo kembali membayar Premi sebesar Rp. 54 miliar lebih.

 

Kondisi itu menunjukkan pemilihan mitra kerjasama yang dilakukan Perum jamkrindo diduga tidak berdasarkan analisa yang baik untuk kepentingan perkembangan perusahaan, bahkan diduga dilakukan secara “asal-asalan”.

 

Dari penelusuran Skor juga diketahui pada tahun 2012, izin usaha PT Asuransi Syariah Mubarakah sebagai perusahaan asuransi jiwa telah dicabut oleh Menteri Keuangan yang pada saat itu dijabat oleh Agus D.W. Martowardojo berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-779/km, 10/2012 tanggal 28 Desember 2012.

 

Terkait dugaan kurang professional itu, Skor telah berusaha mengkonfirmasi pihak Perum Jamkrindo dengan mengirim surat konfirmasi yang diterima tanggal 16 April 2015, namun hingga berita ini ditulis Skor belum menerima klarifikasi dari Perum Jamkrindo.

 

Penjaminan bersama (co-guarante) merupakan salah satu cara yang dipilih Perum Jamkrindo dalam meminimalisasi risiko penjaminan kredit yang diberikan kepada penerima jaminan (kreditur) yang terdiri dari risiko kematian, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan macet.

 

 

Penjaminan bersama itu dilakukan dengan cara menggandeng mitra co-guarantee dengan cara mengalihkan risiko kematian kepada mitra co-guarantee sehingga apabila risiko kematian terjamin terjadi maka pembayaran klaim akibat kematian tersebut akan ditanggung oleh mitra coguarantee (bukan Perum Jamkrindo yang menanggung kerugian akibat adanya klaim). AR 021

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com