,
22 Maret 2018 | dibaca: 378 pembaca
Perkuat RKP 2019, Bappenas Optimis Capai Target Pembangunan

Jakarta, skornews.com

 

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berupaya mengatasi ketimpangan di Indonesia, salah satunya lewat dialog Indonesian Development Forum (IDF) di Kementerian PPN/Bappenas, (22/3/18).


Rencananya, Bappenas bekerjasama dengan Pemerintah Australia akan menggelar IDF pada Tangga, 10-11 Juli 2018 mendatang di Jakarta dengan tema pathways to tackle regional disparities across the archipelago.


Dalam pembukaan acara peluncuran IDF 2018 ini, Kepala Bappenas Bambang PS. Brodjonegoro menyampaikan sejumlah isu pembangunan Indonesia berkaitan dengan disparitas dan desentralisasi sesuai tema IDF 2018 yang membahas upaya mengatasi disparitas atau ketimpangan.


Menteri PPN menambahkan bahwa tujuan FKP hari ini untuk mengkomunikasikan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 kepada pemangku kepentingan khususnya Perguruan Tinggi dan OMS sehingga dapat memperoleh masukan.


Dengan begitu, diharapkan RKP Tahun 2019 dapat lebih tajam dan dapat mencapai target-target Pembangunan Jangka Menengah Nasional.


“Tujuan dialog ini adalah untuk mengkomunikasikan rancangan awal RKP Tahun 2019, sekaligus untuk mendengarkan masukan-masukan dari para pemangku kepentingan pembangunan, khususnya unsur masyarakat yang diwakili kalangan Perguruan Tinggi dan OMS," terang Bambang.


Tahun 2019 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMN 2015-2019 dan sekaligus tahun terkahir bagi Kabinet Kerja dalam mengupayakan pencapaian visi pemerintah sebagaimana tertuang dalam RPJMN. 

 

"Oleh karena itu, penyusunan RKP Tahun 2019 harus lebih cermat dan terintegrasi serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah dan masyarakat secara tepat dan strategis,” jelas Menteri PPN.

 

Menteri Bambang berharap FKP ini dapat menghimpun masukan dan kritik konstruktif dari para pemangku kepentingan khususnya Perguruan Tinggi dan OMS untuk menyempurnakan Rancangan Awal RKP Tahun 2019.

 

“Kita sadari bahwa keberhasilan pembangunan nasional merupakan keberhasilan kolektif dari peran pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat. Partisipasi masyarakat merupakan salah satu elemen penting dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis sehingga mampu mengantisipasi perubahan dan dinamika dalam masyarakat. Oleh karena itu, mari kita rapatkan barisan untuk bekerja bersama mewujudkan pembangunan nasional Indonesia yang lebih baik,” pungkas Menteri Bambang. ||Bowo Mdh

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com