,
29 September 2014 | dibaca: 1402 pembaca
Pemekaran DOB Seluruhnya Dibatalkan
Panitia Pemekaran Minta Uang Suap Dikembalikan

Massa Daerah Pemekaran Protes Komisi II DPR RI

(Bagian #1)

 

Skornews.com, Jakarta

Rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yang sedianya disanggupi oleh Pemerintah untuk dimekarkan sesuai kemampuan keuangan negara sebanyak 21 DOB dari kelompok 65 yang telah benar-banar memenuhi persyaratan ternyata tak satupun yang disetujui oleh Komisi II DPR RI (29/9).

 

Ratusan Massa dari sejumlah daerah yang sejak pagi menunggu di depan loby Nusantara II DPR RI menunggu ketuk palu ketua komisi II terkait rencana pemekaran itu, mereka sontak berorasi saat mengetahui bahwa tak satupun DOB yang disetujui untuk dimekarkan. “kembalikan uang yang telah kami bayarkan pada kamu (dengan menyebut nama oknum anggota komisi II yang ternyata telah menerima pembayaran dengan janji akan disetujui pemekarannya)” teriak salah seorang massa yang disambut dengan sorakan massa yang lain.

 

Koordinator aksi saat ditemui SKOR mengatakan, “kami sangat kecewa karena kami telah mengeluarkan banyak uang untuk mengurus pemekaran DOB ini”, katanya sambil menyebut sejumlah nama bahkan membentangkan dua spanduk besar bertuliskan nama oknum anggota DPR yang diduga telah menerima suap untuk persetujuan DOB tersebut.

 

Bukan rahasia umum lagi jika setiap rencana pemekaran DOB dijadikan lahan pungutan liar bagi oknum anggota DPR terutama di komisi II dengan tarif berkisar antara Ratusan Juta hingga Miliaran Rupiah untuk Satu DOB.

 

Di Sulawesi Barat misalnya, rencana pemekaran DOB Kab. Balanipa beberapa waktu lalu telah menjadi lahan Pungli oknum anggota DPR RI berinisial “M”, sesuai pengakuan narasumber dan bukti rekaman yang diterima SKOR, diduga sedikitnya Rp 200 Juta telah diterima oknum tersebut dari panitia/tim pemekaran yang bertugas sebagai juru lobi ke Komisi II DPR. Dikonfirmasi terkait hal tersebut, hingga berita ini ditulis “M” belum memberikan tanggapan.

 

Aktivis LSM Lembaga Informant Korupsi (LIK) di Jakarta, Bang Awi yang juga putra daerah Balanipa saat ditemui SKOR berjanji akan segera mengumpulkan bukti terkait adanya indikasi suap menyuap pada rencana pemekaran DOB Kab. Balanipa dan akan mengawal kasus tersebut ke ranah hukum. #Doel/Rd01S      

 

bersambung

   

  

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com