,
06 Juli 2017 | dibaca: 816 pembaca
Pelonco Siswa Baru, ORI: SMKN 1 Tobadak Langgar Permendikbud

siswa senior SMKN 1 Tobadak lakukan perpeloncoan terhadap siswa baru

Sulbar, skornews.com

 

Guna mengetahui penerapan Permendikbud tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Sulawesi Barat melakukan pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2017.

 

Melalui Permendikbud 18 Tahun 2016 tersebut, Pemerintah telah menghapus kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS), diganti dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). tujuannya untuk menghilangkan praktik perpeloncoan kepada siswa baru.

 

Meski demikian, upaya itu ternyata belum sepenuhnya mencegah aksi perpeloncoan, Ombudsman RI Perwakilan Sulbar masih menemukan adanya indikasi pelanggaran di sejumlah sekolah, salah satunya di SMK Negeri 1 Tobadak, Mamuju Tengah. Hal itu diungkapkan Kepala Perwakilan ORI Sulbar, Lukman Umar, (06/7/17).

 

Temuan ORI, di SMK Negeri 1 Tobadak masih melakukan Kegiatan Pra MOS dan sejumlah panitia yang terdiri dari siswa senior ditemukan melakukan perpeloncoan terhadap siswa baru. Tim Ombudsman telah mendokumentasikan praktik perpeloncoan tersebut.

 

"Kasus ini menjadi salah satu temuan kami yang akan disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Pimpinan kami di Jakarta agar dilakukan," kata Lukman Umar.

 

Lukman Umar menilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar lemah mengawasi pelaksanaan PLS. Ia juga meminta kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas dan guru sekolah bertanggung jawab atas penyiapan dan pelaksanaan kegiatan orientasi peserta didik baru.

 

Atas kejadian tersebut, Ombudsman Sulbar akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar dan  pihak terkait lainnya untuk diklarifikasi. ||Ratis

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com