,
17 April 2015 | dibaca: 1234 pembaca
PDAM Muba Diduga Ladang Korupsi

Skornews.com, Muba Sumsel

Anggaran yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Randik ditengarai dikorupsi sejumlah oknum petinggi perusahaan plat merah itu.

 

Pasalnya meski setiap tahun Pemkab Muba mengucurkan puluhan miliar rupiah namun layanan air bersih layak konsumsi yang diberikan PDAM Tirta Randik kepada masyarakat Kab. Muba Sumatera Selatan dinilai sangat rendah.

 

“Dana APBD Muba tahun 2014 yang dikucurkan kepada PDAM Tirta Randik mencapai Rp 50 Milyar, namun pelayanan belum maksimal dan dana yang dikucurkan setiap tahunnya patut dipertanyakan, “Ujar Ketua Aliansi LSM Kab. Muba, Drs M. Nuh Soleh kepada Skor beberapa waktu lalu.

 

Menurutnya, meski PDAM Tirta Randik telah membuat berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat mulai dari pemasangan jaringan listrik dan trafo PLN, instalasi pipa , tower, sampai dengan pengadaan bahan kimia.

 

Namun sejumlah kegiatan itu diakui Soleh belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Pelaksanaan kegiatan yang menggunakan anggaran APBD Muba yang sangat besar mencapai puluhan milyar sering kali membuat masyarakat kecewa dengan hasilnya dan kurang sesuai dengan harapan masyarakat ungkapnya.

 

Soleh mencontohkan Desa Muara Punjung kecamatan Babat Toman, yang bosternya berada di Mangunjaya sudah enam bulan lebih masyarakatnya tidak kebagian air padahal setiap bulan mereka harus membayar biaya beban.

 

Lebih lanjut Soleh mengatakan pada tahun 2014 ada pemasangan Panel Control Power Stabilizerdan Step Up dan Aksesoris untuk peningkatan VOLTAGE LISTRIK PDAM yang menggunakan APBD sebesar Rp 275 juta serta pengadaan bahan kimia untuk setiap unit pengelolahan sebesar Rp 300 juta lebih.

 

 “Namun airnya masih kurang jernih sehingga diduga anggaran tersebut dikorupsi dengan cara pengurangan bahan kimia yang dikelolah”ungkapnya.

 

Selain itu, lanjut Soleh, terdapat juga pengadaan Pompa Intake Type Submersible PDAM Sekayu, dan Pengadaan Pompa Distribusi Type Centriffugal, Pengadaan Meteran SR Lengkap, serta Pengadaan Water Meter untuk Meteresasi Pelanggan yang menghabiskan APBD lebih dari Rp 970 juta.

 

Tidak hanya itu, masih banyak kegiatan lainnya yang jumlah anggarannya sangat fantastis terindikasi sarat dengan KKN” pungkasnya.

 

Pihak PDAM Tirta Randik yang dikonfirmasi Skor belum memberikan tanggapan hingga berita ini ditulis. Yudi

 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com