,
19 Agustus 2017 | dibaca: 541 pembaca
PASMAR-1 Gelar Kesiapan Latihan Marinir Terpadu

Surabaya, skornews.com

 

Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, ST., M.Si (Han) yang diwakili Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel (Mar) I Made Sukada, SE. mengecek kesiapan prajurit yang akan melaksanakan Latihan Marinir Terpadu (Latmardu) Tahun 2017 di lapangan apel Kesatrian Supraptono Semarung, Ujung, Surabaya, (18/08/17).

 

 

Dalam amanat yang dibacakan Komandan Brigif-1, Komandan Pasmar-1 mengatakan bahwa apel gelar kesiapan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat secara langsung kesiapan satuan, baik personel maupun material yang akan melaksanakan Latihan Marinir Terpadu Tahun 2017 di daerah latihan Asembagus, Situbondo.

 

Latihan Marinir Terpadu merupakan ujian nasional bagi TNI AL khususnya Korps Marinir karena hal tersebut merupakan pertanggungjawaban Korps Marinir kepada bangsa sebagai manifestasi hasil program pembangunan kekuatan TNI.

 

 

Tujuan dari latihan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan operasional satuan Korps Marinir sebagai Pasukan Pendarat (Pasrat) dalam operasi amfibi serta meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan mekanisme operasi amfibi secara tepat guna dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang mungkin akan terjadi.

 

Disampaikan pula bahwa keberhasilan pelaksanaan latihan tersebut sangat tergantung dari kesiapan operasi yang sudah direncanakan namun tentunya tuntutan untuk tetap menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang terjadi sebagai dampak perkembangan situasi dan kondisi di lapangan yang tetap harus mampu diantisipasi serta diwaspadai, begitu juga dengan fungsi komando dan pengendalian harus tegas serta melalui proses pengambilan keputusan yang cermat, cepat dan akurat dalam menyelesaikan segala permasalahan yang berkembang di lapangan.

 

“Dengan bekal profesional dan disiplin yang telah melekat di dada dan jiwaraga prajurit Korps Marinir, saya yakin kalian dapat melaksanakan tugas dan latihan dengan sebaik mungkin,” tegas Danpasmar-1.

 

 

Sementara itu, Lekol Marinir Burhanudin selaku Komandan Pasrat  mengatakan, dalam Latihan Marinir Terpadu Tahun 2017 melibatkan 1.890  prajurit Korps Marinir dari Pasmar-1, selain itu juga melibatkan beberapa material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL, diantaranya BMP-3F, Ranratfib, Tank PT-76, Kapa K-61, How-105 mm, RM 70 Grad, BVP-2,  Sea Raider dan perahu karet beserta motor tempelnya. Wahyu (smbr:Dispen Kormar)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com