,
19 Februari 2020 | dibaca: 180 pembaca
Pasien Ditandu, Ombudsman Minta Pemerintah Perhatikan Pelayanan Dasar

Gbr ilustrasi

SKOR News, Polewali Mandar - Ani (30 th) warga Desa Ratte, Kec. Tutar harus ditandu warga menyusuri hutan akibat akses jalanan yang rusak parah.

 

Ibu muda itu terpaksa ditandu puluhan kilometer karena mengalami pendarahan pada kehamilan 3 bulan  untuk mendapatkan pelayanan medis, (14/2).

 

Desa Ratte merupakan salah satu desa terpencil di Kecamatan Tu'bi Taramanu (Tutar), Kab. Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat. Warga harus menempuh perjalanan puluhan km untuk sampai di Desa terdekat yang dapat diakses kendaraan roda empat.

 

Menanggapi hal tersebut, Ombudsman RI Sulawesi Barat menilai Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar harus memberikan perhatian serius terhadap daerah terisolir.

 

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan, untuk mendapatkan  layanan kebutuhan dasar pemerintah wajib memprioritaskan dan memberi perhatian serius kepada daerah-daerah yang sangat tertinggal seperti di Desa Ratte, Prioritas dapat dilakukan dengan pembangunan fasilitas layanan dasar kesehatan, pendidikan termasuk infrastruktur jalan.

 

Solusi lain yang dapat dilakukan, memberikan anggaran di luar anggaran reguler Dana Desa dan ABPD agar perbaikan dan pemenuhan komponen layanan dasar di daerah itu bisa dilaksanakan. 

 

"Anggaran khusus untuk daerah marjinal seperti ini sebagai kebijakan afirmasi diluar anggaran reguler seperti Dana Desa maupun APBD bisa saja dilakukan, utamanya untuk fasilitas kesehatan termasuk akses jalan sekaligus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat jika akses jalannya memadai," kata Lukman Umar dalam rilisnya yang diterima skornews, (19/2). ||Aswan Nursandi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com