,
04 April 2017 | dibaca: 411 pembaca
Pansel Hakim MK Serahkan Nama Calon Pengganti Patrialis Akbar

Presiden terima Pansel Hakim MK, Senin (3/4)

Jakarta, skornews.com

 

Presiden Jokowi didampingi Mensesneg menerima Panitia Seleksi (Pansel) Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang dipimpin Dr. Harjono, S.H., M. L. di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/4).

 

Pansel menyerahkan Tiga nama kepada Presiden yang dinilai pantas mengisi posisi salah satu hakim MK yang kosong pasca penangkapan Patrialis Akbar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tersangkut dugaan gratifikasi Januari lalu.

 

“Saya buka saja 3 nama itu, pertama adalah Profesor Saldi Isra, Saudara Bernard Tanya (Dosen di Universitas Nusa Cendana Kupang) dan ketiga adalah Doktor Wicipto Setiadi (Purna Tugas dari Kementerian Hukum dan HAM), Itu tiga nama yang kita sampaikan kepada presiden,” kata Ketua Pansel Hakim MK, Dr. Harjono kepada wartawan di Istana Merdeka, (3/4).

 

Menurut Haryono, ketiga nama itu terpilih dari 45 pendaftar yang menyatakan minatnya untuk menjadi hakim MK. Dari 45 pendaftar ini, 22 orang dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya berdasarkan seleksi wawancara dan tes- tes yang lain sebanyak 12 orang dinyatakan memenuhi syarat namun seorang kemudian memilih mengundurkan diri, “dari 11 peserta kita lakukan wawancara terbuka, hasil terakhir dirangking dan disampaikan kepada Presiden 3 nama,” terangnya.

 

Ketua Pansel menegaskan bahwa dalam memilih calon yang diajukan, Pansel memusatkan pada persoalan integritas, tentu bukan satu-satunya karena sebagaimana ditentukan oleh Undang-Undang Dasar, Ia harus menguasai Undang-Undang Dasar dan negarawan, “jadi integritas adalah salah satu yang kita tonjolkan dan kemudian sayarat lainnya juga harus dipenuhi,” ujarnya.

 

Siapa yang akan dipilih dari Ketiga nama itu, Pansel menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden, “jadi presiden belum menyampaikan siapa tiga nama itu karena itu telah menjadi kewenangan Presiden,” tegas Harjono.

 

Saat menerima Pansel Hakim MK, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara,  Pratikno, Pansel Hakim MK yang diterima adalah Dr. Harjono, S.H., M. L. (Ketua), Dr. Maruarar Siahaan, S.H., LL.M., Prof. Dr. Todung Mulya Lubis, S.H., LL.M., Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.L.I., Sukma Violetta, S.H., LL.M. dan Dr. Cecep Sutiawan, M.Si. ||Yudi (smbr: Setkab)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com