,
19 September 2019 | dibaca: 207 pembaca
P4K, Kenali Tanda Bahaya Kehamilan Dan Persalinan

Mamuju-Sulbar, skornews

 

Upaya pemerintah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). 

 

P4K bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga mengenal resiko dan tanda bahaya kehamilan dan persalinan agar dapat membuat perencanaan persalinan.

 

 

Stiker P4K berisi data tentang nama ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, tempat persalinan, pendamping persalinan, transportasi yang digunakan dan calon donor darah. 

 

Penempelan stiker P4K disetiap rumah ibu hamil dimaksudkan agar ibu hamil terdata, tercatat dan terlaporkan keadaannya oleh bidan dengan melibatkan peran aktif unsur-unsur masyarakat seperti kader, dukun dan tokoh masyarakat.

 

 

Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju menggelar penyegaran (refreshing) kader tentang P4K di Lingkungan Kadolang, Kelurahan Mamunyu, Kab. Mamuju beberapa hari lalu. 

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengabmas)'Dosen yang diketuai oleh Dina Mariana, SKM., M.Kes memilih Kadolang sebagai lokasi kegiatan dengan beberapa pertimbangan diantaranya, daerah ini masih merupakan daerah yang memiliki kasus stunting.

 

“Sebelumnya kami telah melakukan koordinasi dengan Puskesmas Binanga dan diarahkan ke Pustu Tambi karena Lingkungan Kadolang ini merupakan wilayah kerja Pustu Tambi," kata anggota Pengabmas, Ashriady, SKM., M.Kes.

 

Alumnus Magister Epidemiologi Unhas ini menambahkan bahwa penyegaran P4K untuk membantu tugas Bidan. Dengan merefreshing kader, diharapkan dapat membantu bidan dalam mengawal dan mendampingi ibu hamil dalam penempelan stiker P4K di rumah ibu hamil agar memudahkan monitoring keselamatan ibu hamil.

 

Penyegaran ini juga dihadiri oleh dosen kebidanan dan mahasiswa kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju, mereka diharapkan dapat berbagi ilmu kepada masyarakat terkait P4K setelah sebelumnya membahas teori di ruang kuliah. ||aswan (s. Am)

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com