,
24 April 2018 | dibaca: 157 pembaca
Ombudsman Dorong Penguatan Fungsi Komite Sekolah

Mamuju-Sulbar, skornews.com

 

Untuk mengukur efektivitas keberadaan komite sekolah, Ombudsman RI Sulawesi Barat menggelar forum diskusi dengan menghadirkan sejumlah sekolah tingkat SMA, MA dan SMK di pasangkayu, (23/04/18).

 

Tujuan dari pembentukan Komite untuk mendorong peningkatan mutu pelayanan pendidikan secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional dan akuntabel serta memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan  pada satuan pendidikan namun faktanya ini belum berjalan maksimal.

 

 

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan hampir 95 persen komite sekolah di Sulawesi Barat tidak  memahami peran dan fungsinya sebagai komite bahkan di beberapa sekolah terdapat pengurus komite hanya formalitas bentukan sekolah.

 

“Tujuan Ombudsman mendorong efektivitas Komite sekolah agar berjalan maksimal  sesuai aturan  utamanya dalam hal penggalangan dana dan sumber daya pendidikan berbentuk bantuan atau sumbangan bukan pungutan sebagaimana dalam  Pasal 10 ayat (2) Permendikbud,” Jelas Lukman.

 

 

Komite Sekolah dapat melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

 

“Fungsi ini yang harus dipahami oleh setiap sekolah sehingga dapat terhindar dari tindakan maladministrasi, Ombudsman menghimbau semua sekolah agar segera membentuk komite sekolah dan mengevaluasi komite yang dinilai tidak berjalan maksimal.

 

Rencananya kegiatan kajian sistemik review oleh Ombudsman akan dilaksanakan di 6  Kabupaten se-Sulawesi Barat dalam rangka mendorong efektifitas peran dan fungsi Komite Sekolah. ||red (ORISulbar, aut: Ali Akbar)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com