,
27 Maret 2018 | dibaca: 163 pembaca
Ombudsman Beri Saran Perbaikan Pelaksanaan UN

SulBar, skornews.com

 

Setelah melakukan proses pengawasan pelaksaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) selama sepekan di 5  Kabupaten. Jajaran Ombudsman akan menyampaikan bahan evaluasi ke Instansi terkait sebagai saran perbaikan sehingga kekurangan yang terjadi pada proses USBN tidak terulang pada pelaksanaan UN dan UNBK yang akan datang.


Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan Pengawasan pelayanan publik bidang pendidikan masih sangat urgen dan akan terus dipantau, khususnya proses pelaksanaan ujian nasional sebab tahun lalu secara nasional masih menimbulkan sejumlah masalah.   

 


“Dalam waktu dekat, saran perbaikan dari kami akan segera disampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, diharapkan menjadi bahan pertimbangangan pada proses penyelenggaraan Ujian Nasioanal (UN) pada tingkat SMA dan SMK,” Terang Lukman di kantornya, (23/3).


Lukman menambahkan khusus untuk Kabupaten Mamasa, Tim Ombudsman tidak sempat melakukan pemantauan lantaran keterbatasan tenaga namun ada beberapa komunitas sahabat Ombudsman di Mamasa yang sempat melaporkan kondisi proses USBN di daerah itu.

 


Adapun hasil pantuan Ombudsman Sulbar pada proses pelaksanaan USBN pada 5 Kabupaten, secara umum terkait kesiapan karena karena masih adanya keterbatasan sarana komputer, termasuk kesiapan SDM tenaga pengawas ruangan.   


Pemantauan ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya penyimpangan prosedur atau pelanggaran seperti permintaan uang (pungli) sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan UN/UNBK dengan harapan menghasilkan lulusan siswa yang unggul dan berprestasi. ||red (Humas ORI Sulbar

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com