,
22 Oktober 2014 | dibaca: 1216 pembaca
MPLIK Rugikan Negara Miliaran Rupiah
Diduga, PT AL Manipulasi Laporan Pekerjaan

Skornews.com, Jakarta

Ratusan paket Project KPU/USO Bp3TI Kemkominfo dengan anggaran triliunan rupiah yang bersumber dari dana Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) penyedia jasa telekomunikasi diduga rugikan negara, beberapa oknum pejabat Kemkominfo dan oknum kontraktor pelaksana pekerjaan telah dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung.

 

Ruang lingkup pekerjaan penyediaan Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) meliputi pembangunan/pengadaan infrastruktur  seperti penyediaan jarigan, layanan akses/layanan jasa akses internet, perangkat pendukung dan sarana prasarana, pengoperasian dan pemeliharaan serta jaminan kemampuan sistem yang memadai.

 

Dari informasi dan penelusuran SKOR, telah terjadi pungutan liar kepada mitra/pengelola MPLIK oleh penyedia jasa atas pekerjaan MPLIK paket 5 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pengelola menyetor uang sebesar Rp10 Juta dan membayar sendiri biaya pengiriman ke lokasi padahal biaya pengiriman sudah termasuk dalam RAB/spreadsheet biaya deployment sebesar Rp10.267.076/MPLIK.

 

Akitivis LSM Lembaga Informant Korupsi (LIK), Bang Awi mengatakan, pelaksanaan MPLIK diduga tidak sesuai kontrak, “pelaksanaan dan pembayaran MPLIK paket 2, 3, 11, 15, 16, 18 menggunakan dasar data log modem, itu melanggar SOP” terangnya.

 

Dalam membayar prestasi pekerjaan, Kepala BP3TI telah menetapkan SOP Nomor Prosedur: SOP.BP3TI.4.11.2011 tentang pencocokan dan penelitian (rekonsiliasi) Data KPU/USO. Bertentangan dengan standar operational procedure pada klausul 5 SSUK yaitu seharusnya raw data yang direkonsiliasi untuk pembayaran tidak menggambarkan aktifitas PC Client.

 

Pembayaran oleh BP3TI kepada PT AL termin I dan II menggunakan raw data log modem. Diduga Terdapat PC Client off yang seharusnya menunjukkan tidak ada transaksi atau aktivitas didalam alat monitoring (raw data dari NOC) tapi yang dilaporkan adalah sebaliknya sehingga tidak ada pembayaran atas prestasi pekerjaan.

 

Hal tersebut telah dikonfirmasi SKOR kepada pihak PT Aplikanusa Lintasartha (AL) dan BP3TI namun yang bersangkutan belum memberikan tanggapan. @Nur/S.01

 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com