,
26 November 2017 | dibaca: 458 pembaca
Menhub Kunjungi Stasiun KA Siantar

Siantar-SuMut, skornews.com

 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berkunjung ke Stasiun Kereta Api Kota Siantar. Menhub didampingi Dirjen Perkeretapian, Zul Fikri dan Dirut Pelindo, Bambang Eka Cahyana dengan menggunakan helikopter, mendarat di lapangan Batalyon TNI setempat, (24/11/17).

 

Menurut Menhub, dirinya ke Siantar selain menebus rasa penasaran tentang kota Siantar sekaligus inigin memastikan agar nantinya operasional kereta api dapat menjangkau danau Toba, "nantinya masyarakat dari Medan dan sepanjang lintasan bisa menggunakan keteta api ke danau Toba," ujarnya.

 

 

Kepala Stasiun Siantar, Syahrial kepada wartawan mengatakan bahwa kunjungan Menhub mengejutkan, semoga berdampak pada geliat perkeretapian Siantar dan Sumut.

 

Syahrial mengatakan, saat ini kereta api dari dan ke Siantar belum menjadi pilihan prioritas masyarakat, penyebabnya antara lain menyangkut waktu tempuh yang lama.

 

“Menggunakan kereta api dari dan ke medan saat ini butuh waktu 3 jam lebih, sementara lewat darat hanya butuh 2,5 jam,” tuturnya.

 

 

Rel kereta api di lintasan dari Tebing ke Siantar masih menggunakan rel kecil (42), jika semuanya sudah menggunakan rel 54, kecepatan kereta api akan standar.

 

“Lintas Siantar Medan PP dilayani satu KA yang terdiri dari 4 gerbong, satu gerbong pembangkit dan 3 gerbong penumpang dengan kapasitas 106 per gerbong,” terang Syahrial.

 

Selain itu, ditambahkan Syahrial. ada juga kereta angkutan barang peti kemas yang bongkar muat di Kisaran serta kereta pengangkut BBM Pertamina, "saat ini pihak Damri juga menyediakan bus bagi penunpang yang ingin melanjutkan ke Prapat", ujarnya. ||awi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com