,
04 Maret 2017 | dibaca: 1385 pembaca
Menguak Fakta Dugaan Pemerasan Kades Minasaupa

Rauf Mappatunru Jurnalis SKOR bersama Kades Minasaupa H. Abdul Wafir didampingi 2 (dua) orang berseragam pengurus DPD JPKP MAROS

Maros-Sulsel, Skornews.com

 

Kasus dugaan tindak pidana pemerasan yang dilakukan oleh Kepala Desa Minasaupa H. Abdul Wafir terhadap sejumlah calon Kepala Dusun mulai terkuak.

 

Sebelumnya, Kades Minasaupa dituding telah meminta uang pembayaran dari calon Kepala Dusun sebagai biaya pengawalan berkas pendaftaran Kadus dengan alasan persaingan sangat ketat dalam proses seleksi.

 

Sumber skornews membeberkan fakta pungutan liar (Pungli) Kades Minasaupa berupa rekaman audivisual, dalam rekaman percakapan yang diterima tim investigasi skornews itu seorang yang diketahui merupakan calon Kepala Dusun, “H” dihubungi oknum Staf Desa Minasaupa “S” agar membayar sebesar Rp 1 Juta atas perintah Kades namun karena pembayaran dimaksud tidak terdapat dalam persyaratan resmi maka H menolak untuk membayar.

 

Penelusuran skornews lebih, dugaan permintaan sejumlah uang itu dibenarkan oleh “R” (suruhan S), menurutnya pembayaran itu hanya dibebankan kepada para calon Kadus yang memiliki kedekatan dengan Kades, bahwa uang yang dijemputnya di rumah salah seorang calon Kadus “A” atas permintaan “S” yang menurut pengakuannya atas perintah Kades Minasaupa.

 

Kepala Desa Minasaupa, H. Abdul Wafir saat dikonfirmasi skornews (28/02) di kediamannya Jalan Bonto Cina, Kab. Maros membantah telah melakukan pemerasan kepada sejumlah calon Kadus, uang Rp1 Juta yang diminta kepada orang tua “A” tidak terkait dengan Pemilihan Kadus tapi uang tersebut adalah tunggakan PBB.

 

Kades Minasaupa yang didampingi Dua orang berseragam DPD JPKP Maros dan Kadus Buamata terpilih, Mukhtar. Kepada skornews, Oknum yang diduga pengurus JPKP itu meminta merehabilitasi nama baik Kades Minasaupa dalam pemberitaan dan tidak membesar-besarkan kasus Pungli tersebut.

 

Orang tua A kepada Skornews (2/3) membantah bahwa uang yang diminta oleh Kades Minasaupa terkait tunggakan pajak karena sebelum uang itu diberikan kepada R, orang tua A mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada Kades Minasaupa untuk memastikan apakah R benar adalah utusannya, Kades mempertegas bahwa uang tersebut untuk pengawalan berkas pendaftaran Kadus.||Rauf

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com