,
30 Desember 2016 | dibaca: 779 pembaca
Mendagri Lantik Karateker Gubernur Sulbar

foto bersama (dari kiri): Ismail Zainuddin, Ibu Erni Tjahyo Kumolo, Mendagri, Irjen. Pol. Carlo Brix Tewu, Ibu Liana Prajanti Carlo dan Mantan Gub. Anwar Adnan Saleh

Jakarta, skornews.com

 

Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumulo melantik Karateker Gubernur Sulawesi Barat, Irjen. Pol. Carlo Brix Tewu di Gedung Serbaguna Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (30/12/16).

 

Turut hadir Mantan Gubernur Sulbar Dua Periode, Drs. H. Anwar Adnan Saleh, Ismail Zainuddin (Sekprov), Asisten 1, 2 dan 3, Muh. Hamzih (Karo Humas), Safaruddin (Karo Umum), Wahab (Karo Pemerintahan), beberapa Kepala Dinas, Kepala Badan Pemprov. Sulbar dan sejumlah pejabat Kemendagri serta Kemenko Polhukam.

 

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang pengangkatan Penjabat/Karateker Gubernur, sesuai undang-undang bahwa khusus penjabat Gubernur harus melalui SK Presiden karena kewenangannya lebih besar dari Pelaksana Tugas (Plt.), dimana Plt. Diangkat cukup dengan SK Mendagri dan hanya menjalankan tugas selama masa cuti kampanye Gubernur devenitif.

 

Mendagri juga menyampaikan apresiasi kepada Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur, Anwar Adnan Saleh dan Aladin S. Mengga atas dedikasi dan Dharma Baktinya untuk pembangunan Sulawesi Barat.

 

Tugas dan kewajiban Karateker Gubernur diantaranya mensukseskan pilkada Sulbar yang aman, lancar dan demokratis serta wajib memberikan pembinaan kepegawaian kepada seluruh jajaran Pemprov Sulbar dan menjamin terlaksananya pelayanan kepada masyarakat, termasuk pemberantasan pungutan liar (pungli),

 

“Tidak boleh ada pungli, tetap berkoordinasi dengan Tim Saber pungli yang dimotori Kemenko Polhukam,” tegas Mendagri.

 

Mendagri menambahkan, “Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib netral dalam pilkada,”

 

“Selamat menjabat dan selamat bertugas bagi Irjen. Pol. Carlo Brix Tewu dan ibu,” kata Mendagri

 

Usai pelantikan, Karateker Gubernur secara administrasi langsung melaksanakan tugas pertamanya setelah disodorkan sejumlah dokumen oleh Sekprov. Ismail Zainudiin untuk ditandatangani, termasuk APBD Pokok 2017, pengisian sejumlah jabatan eselon sesuai dengan perda Kelembagaan yang baru.

 

Rencananya, Karateker Gubernur akan diantar mantan Gubernur ke Mamuju untuk penyambutan sekaligus perkenalan dengan jajaran Pemprov. Sulbar pada Selasa, (3/1/17) mendatang. //Ahmad

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com