,
04 Juni 2015 | dibaca: 3376 pembaca
Medco Diduga Manipulasi Miliaran Laporan Keuangan

Skornews.com, Jakarta

PT Medco E & P Indonesia (MEPI) diduga melakukan praktik kecurangan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya pada pelaksanaan exploitasi Minyak dan Gas Bumi atas Kontrak Kerja Sama dengan SKK Migas untuk wilayah kerja South and Central Sumatera (Blok SCS) periode 2013.

 

Modus kecurangan yang diduga dilakukan PT MEPI itu dengan memanipulasi laporan keuangan dalam perhitungan cost recovery yang pada gilirannya mengurangi jumlah dana bagi hasil yang diterima pemerintah.

 

“Ada beberapa item biaya yang diperhitungkan oleh PT MEPI dalam cost recovery yang tidak seharusnya menjadi biaya cost recovery” ungkap sumber Skor.

 

Menurut sumber Skor, biaya yang seharusnya tidak diperhitungkan dalam cost recovery itu diantaranya adanya biaya yang terkait dengan blok Rimau tetapi justru dimasukkan pada pengeluaran Blok SCS, ada juga biaya pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN), serta beberapa biaya lainnya.

 

Akibat manipulasi itu, miliaran dana “illegal” dinikmati oleh PT MEPI yang seharusnya menjadi bagian pendapatan Negara melalui SKK Migas.

 

Untuk diketahui PT MEPI merupakan anak perusahaan dari PT Medco Energi Internasional, Tbk yang merupakan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) pada wilayah kerja South and Central Sumatera (Blok SCS) dengan prinsip Production Sharing Contract (Kontrak Bagi Hasil) setelah diperhitungkan biaya operasi (cost recovery).

 

Biaya operasi itu terdiri atas biaya ekplorasi dan pengembangan, biaya produksi, dan biaya administrasi umum. Biaya biaya tersebut diperhitungkan sebagai cost recovery dalam perhitungan bagi hasil antara Pemerintah dan KKKS.

 

Hingga berita ini ditulis pihak PT MEPI yang dikonfirmasi melalui surat yang diterima tanggal 29 Mei 2015 belum memberikan jawaban. ARM 021

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com