,
18 Mei 2020 | dibaca: 164 pembaca
Masa Pandemi Covid-19, Penerbangan Lion Air Group Telah Sesuai SOP

SKOR News, Jakarta - Lion Air dan Batik Air  memberikan informasi proses penanganan calon penumpang dari seluruh bandar udara, khususnya Bandara Soekarno-Hatta,Tangerang (CGK) telah berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

 

Lion Air Group sebelumnya telah menugaskan 15 staf atau petugas layanan darat (ground handling) untuk mengatur antrian calon penumpang, mengatur jarak dan mengingatkan agar mempersiapkan dokumen perjalanan sesuai ketentuan sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama (security check point) di terminal keberangkatan bandara

 

Pelaksanaan penerbangan berjalan baik karena para pihak atau stakeholder telah bekerjasama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik. Hal ini diharapkan akan semakin membaik pada masa mendatang.

 

Corporate communicatioan strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur, terutama kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19.

 

“Lion Air Group optimis dengan sinergitas bersama pihak lainnya, maka operasional selama masa pandemi Covid-19 bisa berjalan tepat, dengan harapan pelaksanaan penerbangan tetap mengutamakan unsur-unsur keselamatan, keamanan dan tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” terang Danang.

 

 

Lion Air Group menegaskan, bahwa antara penumpang satu dengan penumpang lainnya tidak bersentuhan, karena terdapat jarak yang telah dibuat, yaitu dengan mengosongkan satu kursi antara penumpang satu dengan penumpang lainnya.

 

Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group berdasar pada aturan yang telah diterbitkan, yakni:

 

1. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang mengatur ketentuan (persyaratan pengecualian) penumpang yang diperbolehkan melakukan perjalanan

 

2. Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). ||sri winingsih

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com