,
09 Juni 2017 | dibaca: 569 pembaca
Mangkir Dipanggil Ombudsman, Polisi Siap Jemput Paksa
Ombudsman dan Polda Sulbar Gelar Sosialisasi Mekanisme Jemput Paksa

jajaran Itwasum Mabes Polri dan ORI menggelar sosialisasi dan mekanisme penghadiran paksa yang dilaksanakan di Mapolda Sulawesi Barat, (08/06/17)

Sulbar, skornews.com

 

Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara  Ombudsman Republik Indonesia (ORI) dan Kepolisian Republik Indonesia, jajaran Itwasum Mabes Polri dan ORI menggelar sosialisasi dan mekanisme penghadiran paksa yang dilaksanakan di Mapolda Sulawesi Barat, (08/06/17).

  

Wakapolda Sulbar menjelaskan tentang pemberian bantuan teknis dari kepolisian untuk menghadirkan secara paksa terlapor maupun saksi yang tidak memenuhi panggilan Ombudsman RI sebanyak tiga kali berturut-turut.

 

“Kepolisian akan berupaya memanggil langsung pihak yang dilaporkan masyarakat ke Ombudsman RI untuk menghadap, Polda Sulbar juga siap mendampingi Ombudsman dalam memanggil para pihak yang akan diklarifikasi terkait aduan masyarakat,” kata Wakapolda Sulbar.

 

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar menjelaskan bahwa kesepakatan dibuat sebagai panduan kedua lembaga ini terkait penyelesaian pengaduan masyarakat dalam rangka  meningkatkan kualitas kerjasama dalam penyelesaian laporan masyarakat, “salah satu bentuk kerjasama itu adalah pemanggilan paksa bagi terlapor atau saksi yang mangkir dari  panggilan Ombudsman,” tegas Lukman Umar.

 

Sosialisasi dipimpin Wakapolda Sulbar, Kombes Pol. Drs. Tajuddin, MH., Pimpinan Ombudsman RI Prof. Adrianus Meliala, Irwasum Mabes Polri, Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar beserta Jajarannya, PJU Polda Sulbar, Kasat Reskrim di jajaran Polda Sulbar, Para Kasat Lantas dan seluruh personil yang terlibat. ||Ratis

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com