,
01 November 2018 | dibaca: 424 pembaca
Maladministrasi Pengadaan KJA Offshore KKP

Jakarta, skornews.com

 

Pengadaan Keramba Jaring Apung (KJA Offshore) Percontohan Budidaya Ikan Lepas Pantai di Sabang senilai Rp 45 Miliar pada Direktorat Pakan dan Obat Ikan serta pengadaan Instalasi Budidaya Laut Lepas Pantai di Pangandaran dan Jepara senilai lebih dari Rp 85 Miliar pada Direktorat Perbenihan, DJPB, KKP. Tahun, 2017. Diduga sarat tindakan maladministrasi.

 

Pekerjaan dilaksanakan PT Perikanan Nusantara yang diduga tidak memiliki kompetensi, pasalnya, seluruh proses pekerjaan dilaksanakan perusahaan lain. Material disupplay dan dirakit oleh teknisi Aqua Optima (perusahaan Norwegia), pembuatan kapal (Work Boat) dikerjakan Aqua Optima dan JJME Batam tanpa persetujuan PPK.

 

Diberitakan sebelumnya bahwa realisasi pekerjaan diduga tidak sesuai spesifikasi. Meski pekerjaan belum selesai hingga akhir tahun 2017, rekanan telah dibayar lunas oleh PPK pada Desember 2017 dengan jaminan bank garansi, hingga 90 hari perpanjangan waktu pekerjaan (31 Maret 2018), pekerjaan belum selesai namun PPK tidak melakukan pemutusan kontrak dan denda maksimal sebagaimana diatur dalam Perpres PBJ No. 4/2015.

 

Pihak Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) maupun Sekretaris Kenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikonfirmasi skornews, belum memberikan tanggapan hingga berita ini ditulis.

 

Aktivis anti korupsi dari LIPA, Yandri Untoro saat dihubungi skornews mengaku kesal dengan tindakan oknum-oknum di pemerintahan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, dengan sadar melanggar ketentuan yang telah diatur dalam UU, Perpres, Kontrak Pekerjaan dan aturan-aturan lain terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

 

"LIPA segera tindaklanjuti karena maladministrasi itu adalah pintu masuk terjadinya korupsi yang merugikan keuangan negara," kata Ketua LIPA, Yandri Untoro, (1/11). ||Awi

 

Bersambung...
Nantikan penelusuran skornews selanjutnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com