,
22 November 2018 | dibaca: 249 pembaca
LALAI Berjamaah, PPK PPSPM Dan Bendahara Biro Umum Kemendesa

Kabag Perlengkapan dan Rumah Tangga, Biro Umum Kemendesa PDTT, Kesit Sukamto didampingi stafnya Andi (foto skornews, 21/11)

Jakarta, skornews.com

 

Bendahara pengeluaran dan sejumlah PPK serta pejabat yang menandatangani Surat Perintah Membayar (PPSPM) sehingga mengakibatkan legalnya pengeluaran APBN untuk membayar sejumlah tagihan kegiatan Fiktif di lingkup Biro Umum, Setjen Kemendesa PDTT, tahun anggaran 2017 lalu.

 

Kegiatan diduga fiktif diantaranya lembur dan perjalan dinas salah satunya terjadi pada Bagian Perlengkapan dan Rumahtangga yang mengakibatkan kerugian negara miliaran rupiah.

 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga, Kesit Sukamto mengakui hal tersebut dan telah jadi temuan Auditor.

 

Kepada skornews, (21/11) Kesit Sukamto berkomitmen akan mengembalikan kerugian negara tersebut sesuai rekomendasi auditor.

 

Aktivis anti korupsi Yandi Arifiandi saat ditemui skornews berpandangan tidak cukup hanya mengembalikann kerugian negara tapi oknum pejabat yang terlibat dalam legalnya pengeluaran APBN itu harus diberikan sanksi, baik administrasi maupun pidana jika ada pelanggaran hukum dalam proses "legalnya" kegiatan-kegiatan fiktif itu.

 

"Diduga terjadi "sengaja" lalai berjamaah sehingga terjadi maladministasi yang kita ketahui bahwa pelanggaran administrasi itu pintu masuk terjadinya korupsi, pemalsuan pertanggungjawaban dll. Saya minta skornews terus menyampaikan informasi ini, kami bantu juga melaporkannya agar diusut pihak berwenang" kata Yandi kepada skornews, (22/11).

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Dua orang (mengaku diutus oknum pejabat di Biro Umum) menemui skornews dan meminta menghentikan pemberitaan dengan iming-iming akan berkontribusi pada pemasangan iklan.

 

Skornews berterimakasih dan mempersilahkan siapa saja untuk bekerjasama pemasangan iklan, profil atau pemberitaan tapi bukan berarti pemberitaan terkait dugaan kerugian negara itu dihentikan. ||Awi

 

Bersambung...

Nantikan hasil penelusuran selanjutnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com