,
13 Januari 2015 | dibaca: 1084 pembaca
Korupsi DPU Dipetieskan, Kejati Dinilai MANDUL

Rusak parah, jalan beton Kab Maros

MAROS, skornews.com

Dugaan korupsi di lingkup Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Maros, Prov. Sulsel terkait pekerjaan proyek jalan boton di kecamatan Mallawa belumjuga ditindaklanjuti pihak Kejaksan Tinggi Sulsel.

 

Ketua Gerakan Mahasiswa Indonesia (GMNI) Maros, Andis amir menuding kejati sulsel yang saat ini mengusut dugaan korupsi proyek jalan beton di Kecamatan Mallawa Maros hanya “gertak sambel” saja.

 

“Anehnya, sejak tahun 2013, pengusutan kasus ini belum juga ditindaklanjuti, padahal sangat kuat adanya indikasi korupsi dalam proyek tersebut”, kata Andis.

 

Pihak kejati sulsel ditengarai sengaja “mempetieskan” kasus itu, padahal muda saja melacak siapa siapa yang terlibat, anggarangnya berapa dan hasil pekerjaannya bagaimana, masa dua tahun dilidik dan tidak ada tersangkanya, tambah Andis (8/1).

 

Andis juga mengatakan bahwa dalam kasus tersebut, peran kontraktor dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Maros sangat jelas. Bagian perencanaan dan pengawasan tidak memiliki sertifikat keahlian dan keterampilan kerja yang dipersyaratkan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Imbuhnya.

 

Sementara itu, penggiat LSM menialai bahwa proyek tersebut mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Maros, hanya saja hal tersebut dinilai masih bermasalah. Beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Maros menilai telah terjadi kebocoran anggaran hingga Miliaran Rupiah.

 

Ketua Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Maros, Abrar Rahman, Minggu (13/1/2015) mengatakan bahwa kebocoran anggaran tersebut sangat jelas terjadi, berdasarkan kualitas jalan beton yang tidak sesuai dengan standar pengerjaan, umur jalan beton tersebut baru sekitar satu tahun dan hampir semua telah mengalami kerusakan parah. Fauzi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com