,
18 Juli 2016 | dibaca: 1427 pembaca
Kongkalikong Proyek Sarana Pakan Mandiri KKP RI

JAKARTA, Skornews.com

Proyek Pengadaan Sarana Pakan Mandiri Paket II Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Tahun 2015 disinyalir sarat dengan penyelewengan dan kongkalikong sejumlah oknum kementerian bekerjasama dengan pihak rekanan pelaksana proyek yang mengakibatkan kerugian keuangan Negara.

 

Salah satu proyek yang diduga bernuansa Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN) itu adalah pengadaan sarana pakan mandiri yang dilaksanakan CV Prolindo Raya Sejahtera dengan nilai proyek Rp. 31 miliar lebih.

 

Sesuai data dan informasi yang kami terima, sejumlah sarana mesin pakan hasil pengadaan pada proyek itu tidak sesuai dengan spesifikasi diantaranya Mesin Pelleting seharusnya berdaya produksi 200-250 kg/jam namun mesin yang direalisasikan hanya  bisa memproduksi sekitar 40 kg/jam.

 

Kemudian Mesin penepung kapasitas produksi 250 kg/jam namun terealisasi hanya 60 kg/jam, dan mesin pencampur dengan kapasitas produksi 300 kg/jam namun yang ada hanya berkapasitas 70 kg/jam.

 

Selain itu, pengadaan mesin greder yang seharusnya menggunakan system tirus berputar tapi realisasinya jenis sistem eksentrik yang hingga kini belum bisa difungsikan.

 

Sumber Skor menyebutkan penyimpangan pada proyek itu bersifat sistematis dimulai dari proses lelang, indikasi rekayasa sudah terjadi pada saat pelelangan yakni salah satu rekanan PT Ika Anugrah Raya tidak dapat dibuka penawarannya dengan alasan kesalahan sistem.

 

“Pemenang lelang juga merupakan perusahaan kecil klasifikasi CV, namun disamarkan dengan tidak mencantumkan klasifikasi CV pada publikasi LPSE” Ungkap Sumber Skor beberapa waktu lalu saat berkunjung ke kantor redaksi.

 

Pengadaan sarana pakan mandiri yang dilakukan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya itu dialokasikan untuk 61 kabupaten/kota sebagai penerima yang tersebar di 6 provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Lampung, dan Sumatera Barat.

 

Skor telah berusaha menghubungi pihak Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Direktur Kawasan Budidaya KKP RI, namun hingga berita ini dipublikasikan, redaksi belum berhasil mengkonfirmasi pihak KKP RI. ARM 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com