,
02 Juni 2016 | dibaca: 621 pembaca
Ketua BPK Klarifikasi Tidak Ada Kunker Fiktif DPR

Jakarta, Skornews.com

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Aziz mengklarifikasi isu adanya kunjungan kerja (Kunker) fiktif anggota DPR RI yang disebut sebut berpotensi merugikan keuangan Negara hingga Rp 945 miliar.

 

Harry menjelaskan tidak ada kunjungan kerja fiktif yang dilakukan anggota dewan. Meski demikian dia mengatakan masalah yang ada hanya persoalan administratif dalam laporan kunjungan kerja saja dan bisa selesai apabila Setjen DPR sudah melengkapi administrasi yang diperlukan ke BPK.

 

Hal itu disampikan Harry Azhar Aziz dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6).

"
Hampir semua persoalan administratif saja, jadi tidak ada yang namanya kunjungan kerja fiktif" terang Harry.

 

Klarifikasi tersebut disampaikan di hadapan anggota rapat paripurna setelah Harry menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

 

Dalam rapat itu, Harry sebenarnya hanya diagendakan untuk menyampaikan laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2015.

 

Namun, ada permintaan dari anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Amanat Nasional, Yandri Susanto yang disampaikan sebelum ketua BPK itu menyampaikan laporannya agar Harry sekaligus mengklarifikasi isu yang berkembang soal kunker fiktif.

 

Akhirnya, setelah selesai membacakan laporan utamanya, Harry bicara soal kunker fiktif yang ramai menjadi pemberitaan sejak bulan lalu.

 

Adanya potensi kerugian negara dalam kunker perseorangan anggota DPR diketahui dari surat yang dikirimkan Fraksi PDI-P kepada anggotanya.

 

Dalam surat itu disebutkan bahwa BPK menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 945.465.000.000 dalam kunjungan kerja perseorangan yang dilakukan oleh anggota DPR RI. ARM

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com