,
14 November 2014 | dibaca: 893 pembaca
Kapolri: Saya Minta Maaf Atas Insiden Pemukulan Sejumlah Wartawan
Dalam Melaksanakan Tugas Jurnalistik, Wartawan Dilindungi Undang-Undang

SKOR,Dewan Pers-Polri

Skornews.com, Jakarta

Kapolri, Jenderal Sutarman menyampaikan permintaan maaf terkait pemukulan sejumlah wartawan oleh personil polisi saat demo mahasiswa UNM atas rencana kenaikan harga BBM di Jalan Pettarani, Makassar, Sulsel (13/11).

 

"Saya mohon maaf dengan teman-teman media", kata Kapolri usai peringatan HUT Korps Brimob Polri di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat (14/11).

 

"Perbuatan oknum-oknum polisi Itu salah, makanya saya minta maaf, melanggar kedisiplinan dan kode etik. Nanti akan diproses secara hukum," kata Sutarman.

 

Wartawan yang menjadi korban dalam pemukulan tersebut adalah Iqbal Lubis (Tempo), Waldy (Metro TV), Ikrar dari (Celebes TV), Aco (TV One), fotografer harian Rakyat Sulsel dan sejumlah wartawanlainnya.

 

Polri akan menindak anggotanya yang melakukan kekerasan terhadap wartawan, kepolisian setempat tengah mengumpulkan informasi dan mencari nama-nama oknum polisi yang diduga melakukan aksi kekerasan itu.

 

Sutarman mengaku telah berkali-kali mengingatkan kepada aparat di lapangan bahwa Polri harus melindungi kegiatan peliputan yang dilakukan oleh wartawan. "Hari-hari kami selalu sampaikan, media adalah teman kita, dan teman-teman kita harus kita lindungi," kata Sutarman.


Sebelumnya diberitakan, aparat kepolisian membabi buta menyerang ke dalam kampus Universitas Negeri Makassar di Gedung Phinisi, Jalan AP Pettarani, sesaat setelah Wakil Kepala Polrestabes Makassar, AKBP. Totok Lisdiarto terluka oleh anak panah.


Pemukulan wartawan ini terjadi ketika kartu memori milik Iqbal dirampas oleh polisi, Waldy kemudian muncul untuk mencegah aksi polisi. Namun, Waldy malah menjadi amukan polisi, yang mengakibatkan pelipis kiri jurnalis tersebut sobek sepanjang 5 sentimeter.


Waldy kemudian dilarikan ke RS Islam Faisal, Ikrar juga mengalami kekerasan dan kamerawan Aco yang sedang mengambil gambar di atas tembok pagar kantor BPN ditarik oleh aparat.

 

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, Wartawan dilindungi undang-undang, bahwa kemerdekaan PERS dijamin sebagai hak azasi warga negara. Red

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com