,
04 November 2019 | dibaca: 164 pembaca
KAPENDAM XII/Tpr: TMMD Menyatukan Warga Dusun Di Ujung Negeri

Kapuas Hulu-Kalbar, skornews

 

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf. Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos mengatakan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 yang digelar Kodam XII/Tpr di tiga wilayah yaitu Kodim 1202/Skw, Kodim 1206/Psb dan Kodim 1012/Btk telah mencapai 100 persen. Hal ini dikatakannya saat meninjau lokasi TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb di Desa Manua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Barat (30/10) lalu.

 

"Saat ini seluruhnya sudah selesai, capaian ini tidak terlepas dari upaya dan kerja keras dari Satgas TMMD serta masyarakat yang selalu bergotongroyong melaksanakan pekerjaan sasaran fisik TMMD," kata Kapendam.

 

Kolonel Aulia Fahmi menambahkan bahwa pada kegiatan TMMD tersebut, TNI telah berhasil melestarikan serta menanamkan kembali semangat kegotongroyongan kepada masyarakat yang merupakan warisan luhur para pendahulu bangsa Indonesia.

 

 

Budaya gotongroyong patut dipertahankan untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama dalam membangun negara tercinta ini. Bangsa bersatu maka negara akan kokoh dalam menghadapi setiap bentuk ancaman. 

 

"Melalui semangat goyongroyong, TMMD telah berhasil menyatukan TNI dengan masyarakat," tutur Kapendam XII/Tpr.

 

TNI sebagai tentara rakyat, harus menyatu dan manunggal dengan rakyatnya karena kemanunggalannya dengan rakyat adalah inti kekuatan dari TNI. Untuk itulah TNI berupaya mewujudkan kemanunggalan tersebut melalui program TMMD dengan terpadu dan bekerjasama lintas sektoral.

 

TMMD merupakan sarana penyatuan rakyat dan tentara untuk dapat bekerjasama, bahu membahu dalam membangun negeri agar rakyat dan bangsa ini dapat lebih maju dan berkembang.

 

Kapendam XII/Tpr juga menyampaikan, selain tujuan utamanya untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD ke-106 kali ini juga bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan terutama wilayah yang masih tertinggal demi kesejahteraan rakyat.

 

 

 

"TNI sebagai bagian dari elemen bangsa melalui TMMD mengupayakan membangun kesadaran dan partisipasi semua komponen bangsa untuk saling bahu-membahu membantu tugas negara dan pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan," terang Kapendam XII/Tpr.

 

Melalui TMMD, TNI memberikan kontribusi positif dalam membantu pemerataan pembangunan untuk masyarakat di desa seperti dengan membuka jalan dan jembatan, merenovasi tempat ibadah, membangun sarana olahraga serta menyelenggarakan berbagai penyuluhan kepada masyarakat.

 

Untuk itu, program TMMD ke-106 yang digelar oleh Kodam XII/Tpr banyak mendapat apresiasi dari berbagai pihak diantaranya yang disampaikan oleh Kepala Desa Manua Sadap, Husen yang saat ini desanya menjadi sasaran TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1206/Psb.

 

Kapendam menyampaikan bahwa Husen bersama warganya mengaku senang dan bahagia, TMMD telah mewujudkan keinginan masyarakat Manua Sadap untuk memiliki akses jalan darat yang layak. Dengan dibangunnya akses jalan akan memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian sehingga akan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

 

Bupati Kapuas Hulu, Muhammad Nasir, S.H., mengatakan bahwa program TMMD ini turut membantu mewujudkan visi misi Kab. Kapuas Hulu dalam mempercepat pemerataan pembangunan di pedesaan. ||Awi (SP: Pendam XII/Tpr)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com