,
04 Maret 2015 | dibaca: 1027 pembaca
Ironis, Keberadaan Pasar Desa Pajukukang

Pasar Pajukkang

MAROS, skornews.com

 

Puluhan Tahun keberadaan pasar pajukukang yang berdiri diatas tanah pemerintah di wilayah Desa Pajukukang namun sepeserpun tak ada pemasukan untuk desa pajukukang sebagai pendapatan Desa.

 

Informasi yang dihimpun tim skor (4/3), salah seorang tokoh pemuda desa pajukukan yang aktif melakukan kontrol sosial sekaligus menjabat sekertaris jenderal Forum Masyarakat Desa Pesisir (FKMDP) Nur Rahmat, SE. S.Ip “Kehadiran pasar desa ini tidak berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat pesisir dan para penjual 90% orang luar desa pajukukang sementara warga pajukukang minoritas sebagai pelaku ekonomi,” Paparnya.



Lanjut rahmat, “pasar ini sudah jelas tidak memiliki kontribusi pada pertumbuhan ekonomi desa, seharusnyakeberadaan pasar ini menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa,dari banyaknya ruko yang disewakan kepada para penjual serta iuran yang dibebankan tak sepeserpun masuk di kas desa”.



Pemerintah Kabupaten (Dispenda) harus mengkaji ulang dan mensoialisasikan perda terkait penarikan retribusi yang ada di tingkat desa, saya melihat pemkab hanya mencari keuntungan semata dari pajak dan iuran yang didapatkan tanpa ada perawatan infrastruktur, semua pasar yang ada di Kecamatan Bontoa tak satupun truk sampah yang disediakan pemerintah untuk penanganan sampah sehingga sampah pasar berserakan dimana mana.

 


“Saya menilai tidak ada keberpihakan Pemerintah Kabupaten terhadap Pemerintah Desa dari hasil pajak pasar dan terkesan dimonopoli keuntungan kemudian mengabaikan kebersihan desa”, kata Rahmat

 

Kami menuntut Bupati Maros agar Pasar dikelolah oleh Pemerintah Desa Pajukukang melalui Bumdes, pembangunan kios/ruko harus memprioritaskan warga setempat dan diperjelas sewa kontraknya dan mengadakan truk sampah. Aziz

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com