,
02 Februari 2017 | dibaca: 550 pembaca
Ijazah Siswa SLB “Mangkrak”, Ombudsman: Disdik Keterlaluan

Asisten Ombudsman Sulbar, Sukriadi Azis

Mamuju-Sulbar, skornews.com

 

Ombudsman Perwakilan Sulawesi Barat, Rabu (01/02/17) menerima pengaduan dari sejumlah Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Barat atas penundaan penerbitan ijazah siswa angkatan Tahun 2013 dan 2015.

 

Asisten Ombudsman Sulbar, Sukriadi Azis mengatakan, kejadian ini bermula sejak Tahun 2013, Sejumlah siswa SLB resah karena belum menerima ijazah sebagai bukti kelulusan untuk melanjutkan ke sekolah menengah pertama. Mereka (Siswa, red) hanya menggunakan surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah SLBN. Hingga kini, siswa dari Dua angkatan tersebut belum mengantongi ijazah.

 

“ini murni tindakan maladministrasi berat dan berpotensi tindak pidana pelanggaran Hak Azasi Manusia, bisa dibayangkan siswa yang sudah tamat sejak Tahun 2013 - 2015 tapi belum menerima ijazah,” geram Sukriadi Azis.

 

Seorang korban “ME” mengaku sangat resah sebab di sekolah lanjutan seringkali Ia ditagih agar menyerahkan poto copy ijazah bahkan terancam tidak diikutkan dalam proses ujian nasional jika tidak melampirkan ijazah dari SLB, “Ombudsman berjanji akan mengawal kasus ini sampai tuntas,” kata Sukriadi berjanji.  

 

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar mengaku miris dengan kejadian ini sebab kasus ini adalah yang pertamakali terjadi di indonesia bahkan menurutnya anak yang berkebutuhan khusus idealnya mendapatkan perhatian khusus dalam hal pelayanan pendidikan.

 

“Segera dilakukan pemanggilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat dan pihak terkait, selain itu kami juga akan menyurat ke Pimpinan Ombudsman RI di Jakarta agar kasus ini ditindaklanjuti ke Kementrian Pendidikan dan Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), saya menilai pihak Dinas Pendidikan Sulbar sangat keterlaluan dan terkesan tidak becus,” Tegas Lukman Umar. ||Dewan L. (Humas Ombudsman Sulbar)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com