,
23 Maret 2015 | dibaca: 1329 pembaca
HIPMI TOLAK SEMEN CHINA

Sekjen PB HIPMI Maros Raya, Tasmin Hamliong

MAROS, skornews.com

 

Himpunan Pemuda Mahasiswa Indonesia (HIPMI) Maros Raya, Prov. Sulsel dengan tegas menolak kehadiran perusahaan semen asal China, PT Anhui Conch Maros South Sulawesi Mine.

 

Sekretaris Jenderal PB HIPMI Maros Raya, Tasmin Hamliong, Senin (23/3), mengatakan bahwa kehadiran perusahaan semen itu berpotensi merusak hutan, lingkungan dan areal pertanian warga, "Karena itu, kami mengajak masyarakat agar ikut menolak karena kawasan hutan dan pegunungan karst Maros wajib kita jaga kelestariannya," katanya.

 

Kawasan itu menyimpan keanekaragaman flora dan fauna serta cadangan air yang melimpah, jika dieksploitasi maka dipastikan mengancam kelangsungan hidup masyarakat Maros dimasa yang akan datang.

 

Dari 500 Hektar lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan pabrik, sekitar 300 Ha. diantaranya adalah lahan pertanian produktif, “Pemerintah Kabupaten Maros harus lebih bijak dalam menerima investasi, jangan karena mengejar pendapatan asli daerah (PAD) tapi disisi lain mengancam kelangsungan Sumber Daya Alam (SDA)”, tutur Tasmin.

 

Investasi SDA selama ini tidak signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang terpenting adalah peningkatan kualitas SDM karena dengan begitu kesejahteraan rakyat otomatis meningkat.

 

Aktivis HIPMI itu menilai bahwa Pemkab Maros tidak transparan terkait kehadiran PT Conch South Sulawesi Mine, “Saat ini Perusahan Semen asal China tersebut telah memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari Kementerian ESDM namun pihak Dinas Pertambangan Maros terkesan tertutup saat ditanyakan.

 

Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Maros telah melakukan pertemuan dengan pihak perusahan di kantor Bupati Maros namun tidak melibatkan pihak independen seperti organisasi Kepemudaan dan LSM yang selama ini konstisten menolak rencana keberadaan perusahaan semen itu.


"Karena itu, kami tegas menolak rencana penerbitan Amdal karena diduga telah terjadi konspirasi antara Pemda  dan pihak perusahaan," tegas Tasmin Halidong. AA-S.48

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com